5 Cara Menghilangkan Goresan di Motor dengan Mudah

Goresan pada motor tentu saja akan merubah penampilan sepeda motor, sehingga tak terlihat mulus lagi. Hal tersebut menjadikan sebagian pengguna mencari tahu cara menghilangkan goresan di motor supaya kendaraan terlihat seperti baru lagi. Beberapa teknik untuk menghilangkan goresan bisa dilakukan sendiri dengan bahan yang ada di sekitar.

Goresan pada motor bisa terjadi ketika pengguna jarak parkir dengan kendaraan lain terlalu sempit, sehingga bisa menggores kendaraan lain. Terdapat banyak hal yang bisa menimbulkan goresan pada kendaraan pengguna. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan goresan pada motor:

1. Bersihkan Motor dari Debu dan Kotoran

Salah satu cara menghilangkan goresan di motor yang paling sederhana adalah dengan membersihkan kendaraan dari debu dan kotoran yang menempel. Hal ini biasa dilakukan untuk motor yang mengalami goresan karena terjatuh di jalan.

Cara ini memang tidak sepenuhnya menghilangkan goresan pada motor tersebut, namun motor dengan goresan yang dibersihkan, akan terlihat lebih baik. Pengguna cukup membersihkan motor dengan sabun dan air yang bisa digunakan untuk membersihkan motor.

2. Menggunakan Amplas

Bagi jenis goresan motor yang termasuk ke dalam kategori ringan, melakukan pengamplasan pada body motor menjadi pilihan tepat. Hal ini juga dilakukan agar goresan tidak menambah kerusakan yang parah bagi kendaraan.

Pastikan pengguna memakai jenis amplas yang memiliki tekstur lembut bagi body motor, lakukan pengamplasan secara perlahan. Pemakaian amplas secara perlahan dilakukan untuk menjaga kualitas body motor pada bagian yang lainnya. Terapkan dengan hati-hati sampai goresan pada body kendaraan tidak terlalu terlihat.

3. Memakai Compound

Apabila pengamplasan tidak terlalu berpengaruh pada goresan yang ada di motor, maka pengguna perlu mencoba menggunakan compound. Gunakan compound pada bagian yang tergores dan sebelumnya sudah diamplas terlebih dahulu.

Bentuk dari compound ini cair atau serupa dengan krim, pengguna cukup mengoleskan compound menggunakan kain. Setelah itu, gosok pada bagian yang terkena goresan hingga lecet tersebut sudah tidak terlihat lagi dengan jelas setelah dioleskan compound.

4. Memakai Scratch Remover

Terdapat cairan khusus yang bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada body motor, salah satunya scratch remover. Memiliki bentuk yang serupa dengan lem, scratch remover dapat dipakai secara praktis tanpa perlu peralatan yang sulit.

Pengguna hanya perlu menempelkan atau mengaplikasikan scratch remover di bagian body motor yang tergores. Goresan yang bisa dihilangkan menggunakan scratch remover merupakan goresan yang tidak terlalu dalam. Selain itu, pakai kain microfiber untuk menggosoknya secara perlahan hingga goresan pada body motor tersamarkan dan hilang.

5. Menggunakan Pasta Gigi

Rekomendasi cara terakhir adalah dengan menggunakan bahan yang pasti ada di sekitar, seperti pasta gigi. Setiap rumah pasti memiliki pasta gigi yang digunakan setiap harinya, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada motor.

Bersihkan terlebih dahulu body motor yang terdapat goresan menggunakan air, sehingga tidak ada kotoran yang menempel. Selanjutnya, pengguna bisa memberikan beberapa goresan pada motor dengan pasta gigi dan sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Lakukan secara perlahan, sehingga tidak merusak body motor.

Beberapa cara menghilangkan goresan di motor merupakan cara yang paling sering dipakai oleh pemilik kendaraan jika motornya terdapat goresan. Cara tersebut juga termasuk ke dalam cara yang mudah untuk dilakukan pengguna  dan bahan yang digunakan tidak sulit untuk ditemukan. Namun, perlu diperhatikan saat mengaplikasikannya harus secara perlahan sehingga body motor tetap terjaga.

Bagikan: