Kebiasaan Penyebab Kopling Mobil Rusak

5 Kebiasaan Penyebab Kopling Mobil Rusak

Kebiasaan Penyebab Kopling Mobil Rusak – Otoriders.com Hallo Masbro, Di tengah maraknya gaya hidup modern dan serba praktis, mobil bertransmisi otomatis sekarang banyak diminati. Mobil matic memang mudah dikendarai dan bisa diandalkan di jalanan ibu kota yang selalu padat. Meskipun begitu, bukan berarti mobil bertransmisi manual jadi sepi peminat. Nyatanya masih banyak orang yang memburu mobil manual tersebut.

Kopling menjadi komponen penting pada mobil manual. Fungsinya sangat berpengaruh terhadap kinerja mobil. Apabila kopling tidak berfungsi dengan baik, maka mobil tidak akan bisa digunakan dan bahkan bisa membahayakan pengguna. Ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kopling mobil jadi cepat rusak.

Menggunakan Kopling dengan Kasar

Memperlakukan kopling terlalu kasar ternyata akan membuatnya mudah rusak. Biasanya pengguna melepas kopling dengan terburu-buru tapi transmisi belum pindah. Pada saat itu akan terdengar suara khas yang menandakan bahwa transmisi belum tepat pada tempat perpindahannya. Begitu juga saat menginjak kopling yang membuat bagian tersebut tertekan terlalu kuat, maka kerusakan lah yang akan segera terjadi.

Menginjak Setengah Kopling

Untuk tujuan tertentu, tidak jarang pengendara mobil menginjak setengah kopling. Kesalahan yang menjadi salah satu penyebab kopling mobil rusak itu juga kerap dilakukan saat pengguna masih berada dalam tahap belajar berkendara Apapun yang menjadi alasannya, kebiasaan tersebut seharusnya tidak dilakukan terlalu sering. Masalah ini biasanya ditandai bau menyengat dari bagian kopling mobil.

Terlalu Sering Menginjak Kopling

Kebiasaan Penyebab Kopling Mobil

Sebagian orang nyatanya selalu menginjak kopling sepanjang waktu selama mengendarai mobil. Fakta menunjukkan bahwa kebiasaan tersebut tidak baik bagi ketahanan kopling. Kebiasaan tersebut membuat bantalan rilis dan pelat kopling jadi aus. Sebaiknya Anda tidak terlalu sering menginjak kopling terutama saat kemacetan dan ketika melalui jalan menanjak.

Menggantung Pedal Kopling

Kesalahan yang jadi penyebab kopling mobil rusak ini juga kerap dilakukan saat di tengah kemacetan dan ketika di tanjakan. Menggantung pedal kopling bisa membuat fungsi komponen tersebut berkurang. Jika pedal kopling sudah bermasalah, maka kegunaan kopling tidak lagi bisa diandalkan. Kalau sudah begini, mobil kesayangan Anda bisa mengalami masalah serius hingga kerusakan parah yang berisiko tinggi.

Ketidaksesuaian Gigi Transmisi

Semua pengendara mobil harusnya tidak melalukan kesalahan ini kalau memang paham bagaimana cara berkendara yang benar. Misalnya saja, transmisi berada pada gigi 1 sementara kecepatan laju mobil sangat tinggi. Hal ini tentu menjadi sebuah ketidaksesuaian yang perlu dihindari. Oleh karena itu, selalu sesuaikan posisi transmisi dengan kecepatan mobil agar kopling bisa lebih awet.

Kebiasaan Penyebab Kopling Mobil

Secara umum, beberapa kesalahan di atas ternyata sangat sering dilakukan pengendara mobil. Namun tidak banyak yang sadar bahwa kelimanya merupakan penyebab kopling mobil rusak. Anda perlu mencegah kesalahan tersebut untuk setidaknya menghindari kerusakan kopling mobil lebih cepat. Karena jika sudah rusak, tentu akan menimbulkan kerugian tersendiri dari sisi materi maupun keselamatan.

Bagikan: