Kelebihan dan Kekurangan Karbu PWK pada Kendaraan

Karburator bentuk PWK sekarang ini semakin populer dipergunakan, khususnya bagi orang yang gemar balap. Lantaran bentuk komponen pencampur udara dan bahan bakar pada kendaraan ini dinilai efisien dalam menghasilkan kecepatan. Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan karbu PWK yang fenomenal ini? Baca saja ulasannya berikut ini!

Mengenal Karbu PWK dan Karakteristik Utamanya

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan karbu PWK yang fenomenal, maka baiknya kenali dulu karakteristiknya. Secara sekilas karbu PWK dapat dikenali dari bentuknya yang menyerupai huruf D. Dengan skep semi flat, yang biasanya pada bagian luar diberi lapisan berupa crome yang mengkilap.

Karbu jenis ini bisa dikatakan memiliki kinerja yang bagus untuk jenis putaran mesin bawah ke atas. Dengan tingkat respon yang sempurna, hingga menghasilkan tenaga atau kecepatan yang optimal. Hal ini menjadikan karbu jenis PWK banyak dipergunakan oleh orang yang menyukai aktivitas balap maupun touring. Karena akan membuat performa kendaraan mengagumkan.

Kelebihan Utama dari Karbu PWK

Banyak pengguna yang meyakini bahwa pemakaian karbu PWK pada sebuah kendaraan memiliki kelebihan. Khususnya pada sejumlah aspek penting yang disebutkan di bawah ini:

1. Mudah dalam Hal Penyetelan

Hal pertama yang menjadi keunggulan dari jenis karburator PWK ialah kemudahan dalam penyetelan karbu pada kendaraan. Baiknya, ini tidak hanya berlaku untuk satu varian tertentu saja. Melainkan mencakup semua varian pengabut dari yang berventuri 24 mm hingga yang berventuri 28 mm.

2. Ada Rangkaian Quad Vens dan Ditunjang dengan Air Strikers

Lalu yang kedua, karbu PWK juga dilengkapi dengan keberadaan Quad Vens yang bermanfaat untuk meminimalkan tenaga drop. Selain itu juga ditunjang dengan adanya Air Strikers, yang bermanfaat untuk mengarahkan udara langsung menuju nosel utama. Dengannya, udara yang menuju nosel utama akan dapat mengaktifkan sinyal serta respon gas.

Selain itu, soal akselerasi dari jenis karbu yang satu ini terbilang halus dibandingkan dengan varian karburator yang lainnya. Tidak lain karena bentuk yang dimiliki PWK lebih ramping, utamanya jika disandingkan dengan bentuk PE yang ada skep botolnya.

3. Sparepart Cukup Mudah untuk Diperoleh

Lanjut pada kelebihan yang ketiga ialah menyoal kemudahan dalam pencarian sparepart karbu jenis PWK. Kemudahan ini tentu merupakan hal yang wajib dipertimbangkan oleh setiap pemilik kendaraan. Lantaran setiap perangkat termasuk karbu, pasti memiliki masa pakai dan potensi kerusakan akibat pemakaian. Sehingga jika sparepartnya mudah dicari, maka perbaikan pun mudah dilakukan.

4. Cocok Digunakan untuk Mengoptimasi Kecepatan

Seperti yang diketahui, komponen pencampur udara dan bahan bakar satu ini memiliki bentuk skep yang khusus. Yakni semi flat dengan lapisan crome mengkilap. Ternyata, bentuk tersebut sangat andal untuk respon sempurna dengan flow yang lebih maksimal pada RPM tinggi. Maka tidak heran jika banyak motor balap yang memakai karbu jenis ini.

Kekurangan yang Ada pada Karbu PWK

Meski memiliki beragam kelebihan khususnya dalam mendapatkan kecepatan maksimal pada sebuah kendaraan, nyatanya PWK tidak luput dengan kekurangan. Khususnya, pada tingkat keborosan yang dirasakan oleh pengendara ketika mempergunakannya. Apalagi, keborosan tersebut benar-benar tidak bisa diatasi, meski dalam setelan paling irit sekalipun.

Demikianlah tadi sejumlah informasi yang dapat diberikan terkait kelebihan dan kekurangan karbu PWK pada kendaraan. Tentunya informasi di atas sudah memberi jawaban, mengapa karbu jenis ini banyak dipergunakan pada mesin balap. Jadi, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya tersebut, masihkah tertarik untuk mengaplikasikan karbu bentuk PWK ini pada kendaraan yang dimiliki?

Bagikan: