5 Tahap dalam Cara Memotong Rantai Motor dan Menyambungkannya Kembali

Kondisi rantai yang kurang baik biasanya akan langsung terlihat, khususnya pada kendaraan bermotor yang dapat menyebabkan pemakaian menjadi tidak nyaman. Untuk itu, biasanya beberapa pemilik kendaraan melakukan pemotongan rantai motor yang kendor sebagai langkah penanganan paling sederhana. Perlu diperhatikan bahwa cara memotong rantai motor butuh keahlian lebih dan ekstra atau lebih baik ditangani oleh ahli.

Di sisi lain, apabila pemilik kendaraan bermotor tidak memiliki cukup waktu atau budget untuk memperbaiki rantainya maka dapat melakukan cara ini. Ada beberapa hal yang butuh penanganan dan fokus ekstra untuk melaksanakan cara memotong rantai motor yang aman. Di bawah ini akan ada tahap-tahap yang dijabarkan mengenai cara pemotongan rantai motor dalam penjelasan berikut ini:

1. Siapkan Alat yang Akan Digunakan

Tahap pertama sebagai cara memotong rantai motor adalah mempersiapkan peralatan yang akan berguna dalam proses nantinya. Sebenarnya untuk melakukan pemotongan rantai tidak terlalu banyak membutuhkan peralatan, namun tetap harus dipersiapkan. Ada beberapa peralatan yang dapat berfungsi seperti batang besi panjang, palu, gerinda, mur, wadah peralatan, atau alat khusus pemotong rantai.

Peralatan ini disesuaikan dengan pilihan cara yang akan dilakukan, misalnya untuk manual dapat menggunakan palu dan tang. Di sisi lain, untuk memudahkan proses pemotongan dan meminimalisir kesalahan dapat menggunakan alat khusus atau chain breaker. Selain itu, ada alat gerinda yang dapat difungsikan untuk membuka rantai lebih mudah namun harus diperhatikan sudah tajam.

2. Lakukan Pemotongan Rantai Motor

Selanjutnya lakukan pemotongan rantai motor pada alas yang datar agar memudahkan untuk melakukan pemotongan dan kemungkinan meleset lebih kecil. Keluarkan dan lepas rantai motor agar pemotongan tepat sasaran dan lebih mudah untuk menggunakan alat.

Pertahankan posisi bagian rantai yang akan dipotong dengan menggunakan mur dan potong pada bagian sela link plate sesuai kebutuhan. Setelah memotong rantai, biasanya ada beberapa bagian rantai yang tersebar dan dapat dikumpulkan pada wadah yang sudah disiapkan sebelumnya. Kurangi bagian rantai hingga menemukan ukuran yang dirasa cukup sesuai dengan langkah selanjutnya.

3. Sesuaikan Pengukuran Panjang Rantai Motor yang Diinginkan

Tahap berikutnya setelah memotong rantai adalah menyesuaikan pengukuran panjang yang diinginkan. Pastikan untuk mengukur dengan benar dan jangan sampai kendor agar kendaraan dapat berfungsi dengan baik. Potong kemudian sesuaikan dan lanjutkan hal tersebut hingga menemukan ukuran yang sesuai, tahap ini membutuhkan ketelitian agar pemotongan tidak kelebihan.

4. Sambungkan Kembali Rantai Motor

Hubungkan kembali rantai motor dengan memperhatikan dan mengikuti pola alur pada rantai hingga dapat menyatu. Pada bagian rantai ada yang dinamakan dengan pin, clip, dan link plate yang disatukan setiap dua clip. Lakukan pemasangan dengan meletakkannya dahulu pada motor kemudian satukan bagian-bagian tersebut dengan menggunakan bantuan mur.

5. Lakukan Uji Coba dengan Menjalankan Motor

Langkah terakhir adalah melakukan uji coba dengan menjalankan motor, meskipun langkah ini sepele namun harus tetap dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa rantai motor tidak kendor dan memang sudah kuat menyatu dengan bagian lainnya. Selain itu, uji coba juga dapat membantu untuk menemukan human error yang mungkin terjadi dalam proses.

Itulah tahap-tahap yang perlu diketahui dan dilakukan dalam cara memotong rantai motor di rumah paling aman dan mudah. Pastikan juga untuk mengikuti tahap yang telah disampaikan agar rantai tidak semakin rusak atau tidak berfungsi. Demikian penjelasan yang disampaikan kali ini mengenai cara memotong rantai kendaraan bermotor dan semoga dapat dimanfaatkan dengan baik.

 

Bagikan: