Cara Mengatasi Kunci Motor Macet dan Penyebabnya

Bagi pengendara sepeda motor roda dua, musim hujan sering menimbulkan masalah. Apalagi jika kendaraan yang digunakan di parkir pada area outdoor tanpa pelindung. Tidak hanya berpotensi membuat badan motor menjadi kotor, lubang kunci juga tidak luput dari bermasalah. Kenali penyebabnya agar bisa menemukan cara mengatasi kunci motor macet tersebut.

Penyebab Kunci Motor Macet dan Sulit Diputar

Permasalahan yang sering muncul berkaitan dengan kunci motor yakni tiba-tiba macet, kaku dan sulit untuk diputar. Hal ini pasti sangat menjengkelkan, apalagi dalam keadaan terburu-buru. Kenali beberapa penyebab dibawah ini agar bisa menemukan cara mengatasi kunci motor macet dengan benar dan tepat.

1. Pemakaian yang Tidak Tepat

Penyebab pertama bisa dikarenakan pemakaian yang kurang tepat. Dalam kondisi terburu-buru, secara tidak sadar pengguna sering kali memasukkan kunci motor pada lubang dengan asal-asalan dan kurang pas. Posisi kunci yang tidak tepat bisa menyebabkan anak kunci tersangkut dan macet. Jika tetap dipaksa, akan menyebabkan anak kunci bengkok bahkan patah.

2. Penumpukan Kotoran, Debu dan Air Hujan

Penyebab yang paling sering muncul dan mengakibatkan kunci motor macet adalah penumpukan kotoran pada lubang/rumah kunci. Selain kotoran dan debu, air hujan yang masuk ke sela-sela lubang kunci dan mengering dan mengendap. Lama-kelamaan, hal tersebut bisa menyumbat lubang kunci dan membuatnya sulit untuk dimasukkan atau dikeluarkan.

Selain debu dan air hujan, mencuci kendaraan tanpa menutup lubang kunci bisa mengakibatkan masalah. Sisa sabun atau cairan pembersih bisa mengendap dan menyumbat lubang kunci. Meskipun anak kunci dan rumah kunci terbuat dari bahan stainless anti karat, tapi tidak menutup kemungkinan keduanya bisa macet karena plak.

Cara Mengatasi Kunci Motor Macet dan Sulit Diputar

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab di atas, bisa diambil tindakan yang sesuai untuk mengatasinya. Rekomendasi cara mengatasi kunci motor macet dan sulit diputar bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Gunakan Cairan Penetran

Solusi  pertama adalah menggunakan cairan penetran. Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan karat atau endapan kotoran pada lubang/rumah kunci. Beberapa contoh cairan penetran yang umum dijual di pasaran yaitu Rexco 50 atau WD 40.

Cara pakainya cukup mudah, semprotkan sedikit demi sedikit cairan penetran ke dalam lubang kunci. Diamkan beberapa saat hingga cairan meresap. Coba masukkan, putar dan keluarkan kunci. Tambahkan cairan jika masih kaku. Ulangi cara tersebut sampai kunci dan lubang tidak terasa macet dan kaku.

2. Gunakan Oli Baru atau Oli Gardan

Rekomendasi kedua cara mengatasi kunci motor macet bisa menggunakan oli motor/oli gardan jika tidak memiliki cairan penetran. Namun perlu diperhatikan bahwa oli yang digunakan adalah baru dan bersih. Oli bekas dapat menyebabkan kotoran menyumbat lubang kunci dan memperparah keadaan.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Oleskan oli sedikit pada permukaan anak kunci dan tuangkan pada lubang kunci. Coba keluar masukkan kunci pada lubang. Ulangi pemberian oli hingga dirasa kunci sudah berfungsi normal dan tidak macet.

3. Gunakan Minyak Goreng Baru

Oli motor/gardan dan cairan penetran untuk membersihkan kotoran pada lubang kunci bisa dibeli di bengkel dan toko aksesoris perlengkapan motor. Kisaran harga yang dibandrol berada dibawah 50 ribu rupiah. Namun, jika ingin cara yang lebih sederhana dan low budget bisa menggunakan minyak goreng.

Menggunakan minyak goreng baru sebagai pelumas anak kunci maupun lubang/rumah kunci. Cara pakainya mudah, oleskan pada permukaan anak kunci dan beri beberapa tetes pada rumah/lubang kunci. Lakukan seperti menggunakan oli. Ulangi beberapa kali hingga kunci berfungsi sempurna.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kunci motor macet dan sulit diputar. Meskipun terbilang mudah dan singkat, namun pencegahan dan perawatan adalah solusi paling baik. Rawatlah kendaraan bermotor dengan benar, bersihkan secara berkala. Terutama pada bagian kecil yang sulit terlihat seperti lubang kunci kontak, tangki bensin atau bagasi.

 

Bagikan: