Cara Membuka Kunci Stang Motor yang Hilang dengan Mudah!

Pengetahuan mengenai cara membuka kunci stang motor yang hilang dengan mudah jelas diperlukan oleh setiap pengendara. Karena kehilangan kunci motor bagi setiap orang pasti tidak bisa dihindari. Bisa saja karena lupa meletakkan kunci, hingga kunci terjatuh saat tidak disadari. Tentunya situasi tersebut akan sangat merugikan bagi pengendara motor, terlebih lagi saat motor dalam keadaan dikunci stang. Untuk mengatasinya, maka lakukan hal berikut:

1.   Gunakan Kunci Motor Cadangan

Saat membeli kendaraan bermotor, pengendara motor harus mengecek apakah terdapat kunci cadangan yang diberikan oleh pihak dealer. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara membuka kunci stang motor yang hilang. Sangat sulit untuk mengatasi motor yang telah terkunci, jika tidak dengan kunci asli maupun cadangannya.

Jadi saat situasi tersebut sedang dihadapi, pengendara motor bisa mencari kunci cadangan terlebih dahulu. Biasakan untuk memisahkan kunci asli dan cadangan dalam berkendara. Jika memang kunci cadangan berada di rumah, pengendara motor bisa menghubungi orang rumah untuk diantarkan.

2.   Buka Kunci dengan Kawat

Saat disadari kunci yang hilang merupakan kunci cadangan. Hal dasar yang bisa dilakukan pengendara motor adalah membuka kunci dengan memanfaatkan kawat. Kawat bisa dengan mudah didapatkan di toko material. Cara ini hanya bisa digunakan untuk jenis sepeda motor yang memiliki kunci tipe geligi.

Langkah untuk membuka kunci motor dengan kawat sebagai berikut.

  • Persiapkan dua buah kawat;
  • Bengkokkan kawat 1 dengan menggunakan tang hingga berbentuk huruf L. Bagian horizontalnya di lengkungkan sejajar;
  • Kemudian, bengkokkan juga kawat yang ke 2 menjadi huruf L. Bagian horizontalnya dibuat bergeligi;
  • Untuk penggunaannya, kedua kawat dipakai secara terbalik. Bagian yang horizontal adalah bagian atas, sedangkan bagian tegak adalah bawahnya;
  • Masukkan kawat ke 2, kemudian peganglah menggunakan tangan kiri; dan
  • Lalu masukkan kawat ke 1 untuk diputar. Putarlah searah dengan jarum jam, sampai berhasil.

3. Rusak Sistem Keamanan dari Kunci

Cara selanjutnya biasa digunakan pencuri untuk beraksi. Saat tidak terdapat kunci cadangan dan penggunaan kawat tidak berhasil, pengendara bisa merusak sistem keamanan dari kunci menggunakan kunci T. Pengendara bisa meminjam kunci T di area sekitar di mana motor diparkir. Namun sayangnya cara ini beresiko membuat motor menjadi rusak.

Karena nantinya kunci T dipaksa masuk ke lubang kunci dan diputar secara paksa. Tentunya hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada motor, terlebih area kuncinya. Jadi baiknya alternatif ini dipikirkan matang-matang sebelum menerapkannya.

4. Buat Kunci Duplikat

Saat memang cara di atas tidak berhasil dilakukan dengan baik. Pengendara motor bisa membuat kunci duplikat dari motor. Cara ini biasa dilakukan semua orang saat motor tidak bisa dibuka dan dinyalakan. Tapi cara tersebut tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan pengendara motor membutuhkan jasa ahli kunci.

5. Hubungi Bengkel

Selain memanggil ahli kunci, pengendara motor juga bisa menghubungi bengkel terdekat. Menghubungi bengkel merupakan cara yang efektif untuk membuka kunci motor yang telah dikunci stang. Namun bedanya adalah bengkel hanya bisa membuka dan menyalakan motor. Pada akhirnya pengendara motor akan tetap ke ahli kunci untuk membuat kunci duplikat, saat kunci cadangan tidak ada.

Pengendara motor tidak perlu panik lagi saat kunci motor hilang dan motor terkunci stang. Cara membuka kunci stang motor yang hilang di atas bisa dicoba pengendara untuk awalnya. Tapi kalau memang cara membuka kunci sendiri sulit dilakukan, pengendara motor bisa langsung mengikuti cara nomor 4 dan 5 saja.

Bagikan: