Cara Memperbaiki Speedometer Digital Motor, Tak Perlu Panik

Para pengguna motor, sudah seharusnya tau komponen speedometer pada motornya. Dimana komponen ini sangat penting untuk mengetahui dan mengukur kecepatan motor oleh penggunanya. Namun, bagaimana jika Speedometer rusak? Berikut cara memperbaiki Speedometer digital motor paling tepat:

1. Mengganti atau Membersihkan Bagian Gear

Adapun cara memperbaiki speedometer digital motor yang pertama adalah dengan membersihkan bagian gear. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya gear pada as roda bisa saja sudah aus dan ini menjadi penyebab kerusakan Speedometer. Jadi, pemilik bisa mengganti gear tersebut

Selain itu, bisa jadi adanya kotoran yang menumpuk pada bagian gear tersebut. Sehingga ada baiknya sebelum mengganti dengan yang baru bisa dicoba untuk membersihkannya terlebih dahulu. Tentunya agar bisa bekerja normal kembali dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian gear yang baru. 

2. Menyambung Kabel Pada Speedometer

Menjadi salah satu penyebab speedometer tidak berfungsi dengan baik adalah adanya kerusakan pada komponen dalam motor lainnya. Salah satunya adalah ada kabel yang terputus. Maka dari itu cara memperbaiki speedometer digital motor paling tepat untuk permasalahan ini adalah menyambung bagian kabel yang terputus tadi.

3. Melakukan Penggantian Velg

Apabila terjadi kerusakan pada speedometer, maka pemilik motor harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakannya. Pasalnya bisa jadi kerusakan tersebut bersumber pada Velg. Maka dari itu, pemilik motor bisa melakukan penggantian Velg terlebih dahulu.

Sebab saat terjadi masalah pada bagian Velg ini bisa memicu speedometer tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut terjadi karena bagian putaran ada gear speedometer akan terhambat kerjanya. Jadi, dengan mengganti Velg bisa dijadikan solusi saat speedometer digital mengalami masalah. 

4. Melakukan Pengecek Sekring

Masalah yang timbul dan sering terjadi saat speedometer tidak berfungsi dengan baik adalah adanya gangguan pada bagian sekring. Maka dari itu pemilik motor bisa memastikan kondisinya terlebih dahulu. Hal yang paling utama diperhatikan adalah kondisi kabel. 

Pasalnya saat ada salah satu saja kabel sekring yang terputus, hal ini bisa menjadi penyebabnya. Dan maka dari itu pemilik harus melakukan penyambungan kabel. Tentunya dengan demikian bisa dikatakan sebagai cara memperbaiki speedometer digital motor yang tepat.

5. Mengecek Bagian Soket Speedometer

Tidak lain menjadi penyebab kerusakan dari speedometer adalah soket yang terputus. Maka dari itu putaran daripada speedometer tidak berjalan dengan baik. Sehingga untuk penyebab seperti ini pemilik motor bisa memperbaiki hal tersebut. Untuk pengecekan kerusakan soket disarankan menggunakan multitester agar lebih akurat dalam proses pengecekan tersebut.

6. Mengganti Speedometer

Adapun jika beberapa cara diatas tidak efektif untuk memperbaiki speedometer. Maka kemungkinan besar kerusakan sudah parah dan hanya bisa diatasi oleh orang yang lebih ahli. Adapun kerusakannya bisa jadi karena panel speedometer, namun kondisi ini biasanya terjadi pada usia motor yang sudah lama. 

Jadi, tidak heran jika speedometer juga fungsinya semakin menurun. Maka dari itu, jika kerusakan karena panel tidak ada cara lain, pengguna bisa melakukan penggantian speedometer tentunya di bengkel terpercaya. Pasalnya saat speedometer tidak bisa bekerja secara normal, juga akan mempengaruhi komponen lain dan pengguna juga tidak bisa untuk memastikan kecepatan saat berkendara. 

Demikian itu beberapa cara memperbaiki speedometer digital motor dengan benar dan tepat. Sehingga jika ada kerusakan pengguna bisa memperbaikinya secara mandiri terlebih dahulu. Namun, jika kerusakan parah maka ada baiknya segera membawanya pada bengkel langganan. Pastikan juga menggunakan part speedometer yang sesuai dengan motor. 

Bagikan: