2 Jenis Mesin MotoGP Yamaha serta Keunggulan dari Mesinnya

MotoGP merupakan ajang perlombaan balapan motor yang salah satu motornya menggunakan produk Yamaha. Saat ini, mesin MotoGP Yamaha terus dikembangkan dengan baik agar peserta ajang perlombaan bisa memenangkannya. Yamaha memiliki citra yang baik sehingga dipercaya oleh masyarakat untuk memberikan kendaraan roda dua terbaik.

Ingin memiliki MotoGP Yamaha harus mencari tahu dulu apa mesin yang digunakan dan keunggulannya saat digunakan. Meskipun MotoGP memiliki harga yang cukup mahal namun hal tersebut terbayarkan dengan adanya berbagai keunggulan yang ditawarkan. Langsung saja simak jenis dan keunggulan mesin dari MotoGP Yamaha untuk memilih yang mana yang lebih baik.

Jenis Mesin MotoGP Yamaha

Mesin menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk menjalankan motor dengan performa yang telah ditentukan. Yamaha menghadirkan mesin untuk digunakan pada MotoGP yang memiliki kemampuan luar biasa. Jenis mesin apa saja yang dikeluarkan oleh Yamaha untuk MotoGP, simak informasi berikut ini:

  • Mesin Big Bang

Mesin terbaru yang digunakan oleh Yamaha adalah big bang yang sebelumnya digunakan berjenis screamer. Menggunakan mesin ini sangat membantu pengguna merasa nyaman saat mengendarainya. Performa yang diberikan mesin ini cukup meningkat dibandingkan dengan mesin yang berjenis screamer.

Ketahanan ban menjadi lebih panjang usianya saat menggunakan mesin big bang ini. Mesin ini digunakan pada motor Yamaha YZR-M1 pada saat ajang MotoGP. Pertahanan ban yang kuat sangat dibutuhkan oleh pembalap agar bisa menghemat waktu saat bertanding.

  • Mesin Inline 4

Mesin Inline 4 ini digunakan cukup lama oleh Yamaha untuk pertandingan MotoGP. Dilihat dari namanya sudah dapat diketahui bahwa mesin ini memiliki empat silinder yang sejajar atau searah. Sudah tidak asing lagi bagi para peserta yang mengikuti ajang MotoGP dengan jenis mesin Inline 4 ini.

Mesin ini memiliki tenaga yang kecil namun lebih mudah dan lembut dibandingkan V4. Penggunaan mesin ini membuat motor Yamaha memiliki kemampuan yang lebih baik. Hal ini karena, komponen lain yang ada pada motor Yamaha sangat membantu kinerja dari mesin Inline 4.

Keunggulan Mesin yang Digunakan Oleh Yamaha

Setelah membahas jenis mesin MotoGP Yamaha yang cukup terkenal dengan kemampuan yang baik. Saatnya untuk mengetahui keunggulan dari mesin tersebut agar masyarakat bisa lebih mengenal mesin tersebut. Setiap jenis mesin memiliki keunggulannya tersendiri sehingga yang terbaik adalah sesuai dengan kebutuhan pengguna tersebut.

Untuk mesin Inline 4 memiliki empat silinder yang sejajar, sehingga terasa lebih lembut dan mudah dikendalikan. Saat peserta ajang MotoGP menikung dan motornya telah menggunakan mesin ini, maka akan lebih kuat. Hal ini dikarenakan mesin Inline 4 lebih unggul pada saat menikung.

Penggunaan mesin Inline 4 pada Yamaha harus didukung dengan kemampuan penggunanya. Konfigurasi yang dimiliki oleh mesin Inline 4 lebih lebar ke samping karena bentuk mesinnya yang kecil. Silinder yang dimiliki sejajar sehingga tidak membutuhkan ruang mesin terlalu besar.

Mesin big bang yang saat ini digunakan oleh Yamaha terhadap motor yang akan digunakan saat MotoGP cukup memberikan dampak baik. Hal ini dikarenakan mesin big bang memiliki kemampuan untuk membuat ban lebih panjang usianya. Ban sangat penting bagi pembalap di MotoGP agar dapat berkendara dengan mudah.

Itulah informasi terkait jenis dan keunggulan dari mesin MotoGP Yamaha yang sangat menarik dibahas. MotoGP merupakan ajang yang besar bagi pembalap tingkat Internasional untuk dimenangkan. Yamaha memiliki kendaraan yang cukup baik untuk memenangkan pertandingan tersebut dengan dukungan mesin yang digunakan.

Bagikan: