5 Cara Menghitamkan Body Motor yang Kusam dan Pudar

Seiring berjalannya waktu, body motor yang semula hitam mengkilap akan kusam dan pudar. Bisa karena terlalu sering terkena sinar matahari, membiarkan motor kotor terlalu lama, dan masih banyak lagi. Untuk mengembalikan warna hitam motor, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut 5 cara menghitamkan body motor yang kusam dan pudar:

1. Menggunakan Semir Sepatu

Cara pertama ialah dengan menggunakan semir sepatu. Gunakan semir sepatu cair, yang berwarna hitam. Pertama cuci motor hingga bersih, lalu keringkan. Pastikan tidak ada kotoran ataupun debu yang menempel di body motor, supaya semir bisa diaplikasikan dengan sempurna. Oleskan semir sepatu ke body motor, secara merata.

Cukup dioleskan secara tipis, supaya semir bisa cepat kering. Disarankan untuk memakai semir di body motor yang berbahan plastik atau rubber saja. Dijamin body motor akan terlihat hitam dan mengkilap seperti baru.

2. Menggunakan Baby Oil

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan Baby Oil. Baby Oil memang terkenal bisa digunakan buat banyak hal, salah satunya buat menghitamkan body motor. Pertama cuci motor hingga bersih, lalu keringkan menggunakan lap. Setelah bersih, mulai aplikasikan Baby Oil ke body motor yang kusam dan pudar.

Aplikasikan Baby Oil menggunakan spons, atau kain yang lembut. Oleskan ke body motor yang terlihat kusam dan pudar, secara lembut dan perlahan. Setelah dioleskan, tunggu hingga Baby Oil menyerap ke body motor. Ulangi proses hingga body motor terlihat lebih hitam mengkilap.

3. Menggunakan Kompon

Cara berikutnya ialah menggunakan kompon. Kompon terkenal untuk menghilangkan goresan, atau lecet yang ada di body motor. Namun ternyata kompon juga bisa digunakan untuk menghitamkan body motor. Pertama cuci motor, supaya tidak ada kotoran ataupun debu yang menempel di body motor.

Lalu oleskan kompon di body motor yang kusam, oleskan kompon secara merata. Ratakan kompon menggunakan kain yang lembut. Setelah itu cukup diamkan kompon hingga kering, body motor pun akan kembali hitam mengkilap. Jika masih kurang hitam atau mengkilap, pemilik motor bisa mengulangi prosesnya.

4. Menggunakan Cairan Khusus Penghitam Body Motor

Selanjutnya ialah menggunakan cairan khusus penghitam body motor. Ada banyak cairan khusus penghitam body motor, yang dijual di pasaran. Selain praktis, cairan ini juga pastinya lebih aman untuk body motor. Cat asli di body motor tidak akan terkikis atau rusak, karena formulanya khusus.

Cara menggunakannya sangat gampang, pertama cuci motor hingga bersih. Setelah motor kering, semprot atau oleskan cairan khusus penghitam body motor. Oleskan ke bagian body motor yang pudar dan kusam. Diamkan hingga cairan penghitam kering, dan body motor pun sudah kembali hitam mengkilap.

5. Menggunakan Skotlet atau Stiker

Menggunakan skotlet menjadi cara menghitamkan body motor yang terakhir. Skotlet merupakan stiker khusus body motor. Cara ini sering digunakan untuk menutupi body motor yang kusam, hingga lecet. Untuk memasang skotlet ini, pemilik motor bisa langsung ke tempat pemasangan skotlet.

Pilih skotlet berwarna hitam, lalu pasangkan di body motor. Supaya hasilnya lebih bagus, lebih baik skotlet dipasangkan oleh ahlinya. Dijamin body motor akan langsung kembali hitam mengkilap seperti baru. Cara satu ini juga lebih bertahan lama, dibandingkan cara-cara sebelumnya.

Itulah beberapa cara menghitamkan body motor yang kusam dan pudar. Cara-cara diatas sangat simpel, jadi bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, body motor bisa kembali hitam mengkilap seperti baru.

 

Bagikan: