Bagaimana Cara Membuka Kunci Motor Beat yang Hilang?

Hilangnya kunci motor menjadi salah satu kejadian yang kerap terjadi pada para pengguna. Kejadian ini tentunya membuat pengguna kebingungan. Namun jangan khawatir, terdapat cara membuka kunci motor Beat yang hilang. Dengan memperhatikan cara-cara dibawah, pengguna bisa mendapatkan ganti untuk kunci yang hilang. 

Selanjutnya, motor pun bisa digunakan sesuai kebutuhan masing-masing. Satu hal yang pasti, pilihlah cara yang benar-benar memiliki peluang tinggi dan bisa meminimalisir bahaya. Lalu apa saja caranya dan bagaimana? Ini penjelasannya!

1. Menggunakan Kunci Cadangan

Cara pertama, para pembaca bisa menggunakan kunci cadangan. Inilah manfaat kunci cadangan yakni digunakan ketika kunci utama hilang. Jika kehilangan di rumah, maka hal itu bukanlah perkara sulit. Pengguna bisa menggeledah rumah hingga menemukannya. Namun, lain halnya jika kunci terjatuh di luar rumah. Maka, gunakan kunci cadangan untuk mengatasinya.

Kunci cadangan sangatlah penting. Maka dari itu, setiap pengguna diharapkan mempersiapkan kunci cadangan untuk mengatasi hal demikian. Untuk jenis motor dari dealer pasti dilengkapi dengan kunci cadangan. Namun, jika motor bekas, pengguna harus membuat kunci cadangan secara mandiri.

2. Menggunakan Jasa Ahli Kunci

Jika memang tidak memiliki kunci cadangan, maka bisa meminta jasa ahli kunci. Pengguna bisa menemukan jasa yang profesional dan terpercaya. Selain itu, para penyedia jasa umumnya lebih berpengalaman, sehingga peluang keberhasilannya sangat tinggi. JIka kunci hilang, segera saja pergi ke ahli kunci.

Terkait harga jasa ahli kunci disesuaikan dengan model kunci yang diinginkan. Untuk modal biasa, harganya sekitar Rp.35.000,-an. Adapun untuk model laser cut bisa mencapai Rp. 70.000,-an. Namun, satu hal yang pasti, setiap penyedia jasa menetapkan harga yang berbeda-beda.

3. Membongkar Rumah Kunci

Cara membuka kunci motor Beat yang hilang lainnya bisa dengan cara membongkar rumah kunci secara langsung. Alternatif yang satu ini cukup ekstrim dilakukan para pengguna. Umumnya, cara ini digunakan ketika kondisi pengguna sedang terburu-buru. Karena cara ini cukup berisiko, sehingga tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Untuk melakukannya, pengguna memotong bagian kabel menuju kunci. Selanjutnya, sambungkan dua kabel yang terpotong untuk menyalakan motor. Tidak setiap pengguna bisa melakukannya. Selain itu, caranya yang cukup merepotkan sebaiknya hanya dilakukan saat mendesak saja. 

4. Memanfaatkan Keamanan Sekitar

Alih-alih menggunakan cara ekstrem, jika kondisinya tidak mendesak, pengguna bisa melihat keamanan sekitar. Untuk beberapa wilayah biasanya diawasi pihak keamanan tertentu. Pengguna bisa meminta bantuan pada pihak keamanan, sehingga bisa membantu menemukannya.

Tidak sedikit pengguna yang lupa membiarkan kunci menggantung di motor. Untuk beberapa kasus, pihak keamanan di area parkir biasanya mengamankan kunci motor terkait. Hal ini dilakukan pihak keamanan untuk mencegah tindakan jahat para orang jahil.

5. Mengklaim Asuransi

Untuk para pengguna yang motornya berasuransi, maka bisa mengklaimnya segera mungkin. Secara umum, dengan bantuan asuransi, maka kunci yang hilang pun akan diganti. Namun, klaim asuransi adalah suatu cara yang tidak bisa diselesaikan secara singkat. Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna yang kondisinya tidak mendesak.

Klaim asuransi membutuhkan proses yang lebih lama. Jika memang mendesak, pengguna bisa menggunakan bantuan jasa dari ahli kunci. Setiap cara bisa dipilih sesuai dengan situasi-kondisi masing-masing pengguna.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara membuka kunci motor Beat yang hilang secara gampang. Cara-cara di atas bisa diterapkan pengguna dengan menyesuaikan kondisi masing-masing. Selanjutnya, jika memang tidak bisa dilakukan secara mandiri, maka minta bantuan pada mereka yang lebih ahli.

Bagikan: