5 Cara Melepas Stiker Motor Paling Ampuh

Motor menjadi alat transportasi yang digunakan untuk memudahkan dalam aktivitas sehari-hari. Mempercantik motor akan memperindah tampilan yang bisa dilakukan dengan menempelkan stiker. Tentu hal ini akan mengharuskan mengetahui cara melepas stiker motor kalau-kalau ingin mengganti stiker dengan stiker yang baru. Simak ulasan cara mengelupas stiker pada motor yaitu :

1. Menggunakan Pembersih

Salah satu cara melepas stiker motor dengan membersihkan menggunakan cairan pembersih. Pembersih yang dipakai adalah pembersih yang dapat menghilangkan kerekatan stiker. Biasanya pembersih untuk melepas stiker sudah bisa didapatkan dengan mudah dan tersedia di pasaran. Semprotkan cairan pembersih ke stiker yang menempel di motor lalu tunggu beberapa menit.

Coba lepaskan stiker jika tidak bisa ambil hairdryer lalu dekatkan dipermukaan stiker. Otomatis stiker akan menyusut ketika berada didekat hawa panas sehingga mudah dilepaskan. Akan ada sisa bekas stiker, bersihkan sampai bersih lalu jika tampak body motor mengelupas oles dengan bahan poles motor dengan warna yang sama agar tertutupi.

2. Menggunakan Bensin

Melepaskan stiker pada motor bisa dilakukan dengan menggunakan bahan bakar berupa bensin. Hanya saja tidak semua bensin bisa digunakan sebagai cara melepas stiker motor karena bensin beroktan tinggi yang bisa digunakan dan harus digunakan secara cepat agar tidak merusak cat pada motor. Sebelum melepaskan stiker motor dengan bensin pastikan disekitar tidak ada yang menghidupkan api. Ambil kain yang tidak terpakai langsung celupkan pada bensin.

Setelah itu oleskan bensin pada stiker motor yang ingin dilepas baru tarik stiker dari bagian pojok secara perlahan-lahan. Sisa-sisa lem stiker motor juga dibersihkan sampai bersih. Cat kembali motor bila cat ikut mengelupas dan pastikan untuk menyimpan dan menyingkirkan bensin dari tempat yang jauh dari api.

3. Memakai Korek Api

Korek api bisa dijadikan solusi cara melepas stiker motor agar lebih mudah. Cek keadaan sekitar sebelum menghidupkan api jangan sampai ada bahan bakar disekitarnya agar tidak menimbulkan kebakaran. Hidupkan korek api didekat stiker motor namun sebelum itu usapkan stiker dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah dirasa permukaan stiker panas lepaskan stiker dari ujungnya secara perlahan-lahan agar tidak merusak body motor.

Lakukan pembersihan juga pada sisa-sisa lem stiker motor yang masih melekat di body motor. Lihat apakah body lecet atau tidak jika lecet bisa dipoles menggunakan compound pada bekas stiker agar terlihat mengkilap.

4. Gunakan Minyak Kayu Putih

Selain beberapa cara di atas minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk melepaskan stiker pada motor. Kelebihan menggunakan kayu putih tidak akan merusak cat motor. Ambil minyak kayu putih lalu tuangkan pada kain yang tidak terpakai lalu usapkan pada stiker setelah itu coba lepaskan stiker. Pelepasan stiker harus dilakukan secara hati-hati namun jika masih kesulitan usapkan lagi lap yang sudah diberikan minyak kayu putih.

Laksanakan hal itu secara berulang-ulang sampai stiker benar-benar bisa dilepaskan. Lem perekat yang tertinggal pada bekas stiker dibersihkan sampai bersih. Cat ulang body motor agar terlihat mengkilap kembali.

5. Memakai Cairan WD-40 

Siapkan cairan WD-40 lalu tuang pada kain lap dan oleskan pada stiker motor dari ujung ke ujung. Tunggu beberapa menit sampai lem stiker bisa mengelupas lalu lepaskan stiker secara perlahan. Amati bekas stiker jika masih ada lem bekas stiker bersihkan jangan sampai merusak cat motor.

Itulah beberapa cara melepas stiker motor yang dapat dipraktekkan. Hati-hati saat menggunakan beberapa peralatan agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Bijaklah menggunakan bahan-bahan yang digunakan karena beberapa bahan ada yang berbahaya.

Bagikan: