Kapasitas Oli NMAX Paling Tepat Menurut Ahli

Kapasitas oli setiap motornya tentu berbeda-beda, jangan sampai kurang atau terlalu berlebih dalam mengisi oli ini. Motor Yamaha NMAX juga memiliki kapasitas olinya tersendiri sehingga tidak boleh dilakukan pengisian secara sembarangan. Berikut ini adalah kapasitas oli NMAX yang dianjurkan oleh para ahli:

Kapasitas Oli NMAX Paling Wajar

Oli merupakan komponen yang penting pada sebuah motor sehingga harus diperhatikan dengan baik. Kondisi oli yang sudah kehabisan akan membuat mesin bekerja terlalu keras sehingga mengakibatkan kerusakan. Alangkah lebih baik jika selalu mengecek kondisi oli pada motor. Waktu yang paling baik untuk mengganti oli ini adalah 1 bulan sekali jika motor sering digunakan.

Berbicara mengenai oli NMAX tentu oli yang diisikan harus sesuai dengan takarannya agar tidak membludak. Banyak yang beranggapan bahwa kapasitas oli NMAX adalah 1 liter padahal hal tersebut tidak dibenarkan oleh para ahli. Berdasarkan SOP yang telah dijalankan pada bengkel resmi Yamaha, kapasitas oli yang dibenarkan adalah 900 ml saja.

Kasus yang berbeda apabila mesin mengalami penurunan atau biasa disebut dengan overhaul, maka oli yang dibutuhkan adalah 1 liter. Patuhilah pengisian oli tersebut agar tidak ada efek negatif yang akan diterima oleh pengendara. Oli yang kapasitasnya terlalu berlebihan akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat daripada biasanya.

Cara Mengganti Oli Motor Paling Mudah

Pengendara yang malas antri di bengkel untuk mengganti oli dapat melakukannya sendiri di rumah dengan mengetahui cara menggantinya. Asalkan berani dan sudah mempelajari cara mengganti oli yang benar, maka tidak masalah jika mulai eksekusi di rumah. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan.

1. Memanaskan mesin terlebih dahulu

Pemanasan mesin  ini bertujuan untuk mengencerkan sisa oli yang masih mengendap di dalam ruang mesin motornya. Waktu yang terbaik untuk memanaskan motor adalah 5 sampai 10 menit. Nantinya oli akan keluar dengan sempurna dan membuat ruang mesin menjadi lebih bersih. Diamkan 5 menit setelah dipanaskan dan baut pun boleh dibuka.

2. Menguras Oli

Siapkan terlebih dahulu wadah untuk bekas oli yang diletakkan di bawah mesin motor. Hal ini bertujuan agar oli tidak berceceran kemana-mana. Buka baut yang menghalangi oli tersebut kemudian biarkan oli mengalir ke bawah. Pengguna juga bisa menghentakkan kick starter untuk mendorong oli agar keluar secara sempurna. Biarkanlah hingga 50 menit agar oli terkuras habis.

3. Memasang Baut Kembali

Memasang baut kembali merupakan hal yang wajib ketika sudah tidak ada lagi oli yang menetes. Hal yang dilakukan oleh pengguna sebelum memasang baut ini adalah mengecek filter oli terlebih dahulu. Apabila kondisinya sudah tidak baik, maka harus diganti dengan yang baru.

Baut harus dipasang sesuai dengan keadaan semula. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu kencang dalam memasangnya karena berakibat pada kerusakan kepala baut. Pasanglah baut dengan sewajarnya, jangan terlalu longgar ataupun terlalu kencang. Pengguna juga harus menggunakan alat yang tepat untuk membuka baut ini.

4. Mengganti Oli

Cara yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membuka baut pengukur oli kemudian memasukkan corong ke dalamnya. Isikan oli yang telah dibeli sampai penuh dan setelah oli telah masuk semua, maka tutup kembali baut pengukur olinya. Dijamin cara ini sangat mudah sekali untuk dilakukan di rumah.

Informasi mengenai kapasitas oli NMAX beserta dengan cara penggantian olinya tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kunci yang harus diperhatikan adalah mengetahui ilmunya dan menerapkannya dengan benar. Pengguna yang sudah menyimak informasi ini tentu tidak akan mengalami kesalahan lagi.

Bagikan: