Tips Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor, Jitu dan Cepat Bisa

Keterampilan menaiki sepeda motor penting untuk dimiliki oleh siapa saja. Tentunya karena hal itu mempermudah urusan ketika harus pergi ke suatu tempat. Namun menaiki sepeda motor tentunya harus sangat terlatih terutama di bagian keseimbangan agar keselamatan tetap terjamin. Untuk itu, berikut ini 5 tips cara belajar keseimbangan naik motor yang bisa dipraktekkan untuk para pemula:

1. Mulai dengan Medan yang Mudah

Saat memulai belajar motor terutama bagian keseimbangan, sebaiknya jangan memilih medan yang terlalu sulit. Memang medan yang sulit akan membuat lebih terlatih namun hal tersebut akan berbahaya bagi pengendara sepeda motor pemula. Karenanya, pilih tempat yang sepi untuk melatih keseimbangan bersepeda motor.

Tempat seperti lapangan atau jalan komplek rumah menjadi pilihan yang tepat untuk hal ini. Lapangan dan jalan perumahan tidak mungkin dilalui oleh kendaraan dengan kecepatan tinggi sehingga aman untuk berlatih sepeda motor. Selain itu, lapangan dan jalan komplek cenderung rata, tidak banyak lubang, dan tidak menanjak atau menurun.

2. Lakukan Penyesuaian Postur Tubuh

Hal penting kedua dalam melatih keseimbangan saat naik motor adalah mengatur postur tubuh dan posisi duduk. Pengendara motor harus terbiasa duduk tegak dengan sudut tertentu agar bisa menyetir dengan nyaman. Jika sudah menemukan posisi nyaman, tentu saja keseimbangan akan lebih mudah dibangun.

Selain itu, usahakan untuk membiasakan diri dengan mengendarai sepeda motor. Meskipun postur harus tegak, bukan berarti pengendara harus tegang. Pengendara seharusnya meluweskan diri, rileks dan tidak tegang. Karena ketika tegang, pengendara akan mengalami kesulitan mengarahkan kendaraan dan menjaga keseimbangan.

3. Lakukan Latihan Konsistensi Kecepatan

Konsistensi kecepatan menjadi bagian yang berperan penting dalam hal ini. Melatih konsistensi kecepatan menjadi salah satu cara belajar keseimbangan naik motor. Hal ini dikarenakan ketika pengendara sepeda motor sudah bisa melajukan motor dengan kecepatan konstan, perlahan akan didapatkan pula keseimbangan.

Biasanya pengendara yang belum bisa mendapatkan kecepatan konstan akan banyak merasa terkejut saat memasukkan gas terlalu banyak atau terlalu sedikit. Hal tersebut akan menghancurkan fokus pengendara dalam menjaga keseimbangan. Itulah mengapa latihan kecepatan dibutuhkan dalam hal ini.

4. Gunakan Motor yang Sama

Selanjutnya adalah pemilihan motor yang digunakan. Untuk berlatih keseimbangan, gunakan satu motor secara terus menerus. Jika memungkinkan, jangan berganti motor lain untuk digunakan berlatih.

Tujuan hal ini tentu saja untuk membuat pengguna lebih mengenal kendaraan yang digunakan. Setiap sepeda motor memiliki setelan yang berbeda-beda bukan? Jika pengendara harus berganti sepeda motor, pengguna harus melakukan penyesuaian lagi. Hal ini dikhawatirkan akan membuat pengguna tidak fokus pada latihan keseimbangan.

5. Lakukan Latihan Dengan Orang Lain di Sekitar

Hal terakhir dan paling penting yang harus diperhatikan adalah, usahakan untuk berlatih dengan pendamping. Pendamping bisa saja saudara ataupun teman, yang jelas pendamping haruslah orang yang sudah mahir bersepeda motor. Alasan utamanya tentu saja untuk keamanan pengendara yang sedang berlatih.

Selain itu, dengan adanya pendamping, akan ada orang lain yang memperhatikan proses berlatih. Dengan begitu akan bisa dilakukan evaluasi terhadap kesalahan ataupun perkembangan yang dilakukan setiap latihan dilakukan.

Dengan 5 tips cara belajar keseimbangan naik motor diatas, pengendara pemula bisa mulai melatih keseimbangannya. Keseimbangan penting untuk dimiliki oleh pengendara motor karena nantinya pengendara akan berkendara di jalan umum. Semoga setelah berlatih dengan 5 tips diatas, pengendara semakin mahir dan siap untuk berkendara di jalan raya.

 

Bagikan: