Informasi Seputar Swing Arm MotoGP yang Perlu Diketahui

Untuk memenangkan pertandingan balap MotoGP, terdapat komponen yang penting dilakukan. Salah satunya komponen tersebut yaitu swing arm. Komponen yang satu ini terdapat dua jenis dan harga dari swing arm MotoGP dibanderol cukup tinggi. Ini penjelasan lengkapnya!

Jenis Swing Arm

Swing arm terdiri dari dua jenis. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Keduanya digunakan para pembalap. Pengguna harus mengetahui jenis mana yang cocok untuk digunakan. Berikut ini jenis swing arm yang selanjutnya bisa pengguna pilih sesuai kebutuhan:

1. Swing Arm Karbon

Pertama terdapat swing arm berbahan dasar karbon. Bahan yang satu ini pertama populer digunakan untuk rem karbon, selanjutnya kini banyak digunakan sebagai swing arm. Jenis swing arm yang satu ini dikatakan sebagai swing arm MotoGP yang sangat tepat.

Serat dari bahan karbon sifatnya sangat kuat, dengan karakteristik kaku yang khas. Tingkat kekakuannya sangat bagus  untuk digunakan untuk balap MotoGP. Dalam hal ini, serat karbon tersebut akan membantu mengurangi terjadinya vibrasi pada beberapa kasus tertentu.

Jika terjadi crash, jenis swing arm ini sulit untuk di analisa. Jadi, pengguna akan sulit menemukan masalah yang terjadi pada swing arm. Dalam hal ini, proses analisa harus didukung dengan bantuan sinar X. Tujuannya agar bisa dianalisa dengan tepat.

2. Swing Arm Alumunium

Jenis lainnya yaitu swing arm berbahan dasar aluminium. Sifatnya tidak se-ringan swing arm berbahan karbon. Begitu juga halnya dengan tingkat kekakuannya. Jika harus dipaksakan kaku, maka akan membuatnya lebih mudah patah. Meskipun demikian, masih banyak pengguna yang menggunakannya untuk swing arm MotoGP.

Ketika terjadi crash, swing arm aluminium akan mudah dianalisa dengan melihatnya langsung pada box yang tersedia. Tidak heran, jenis swing arm ini masih banyak digunakan oleh para pengguna.

Jika dilirik dari segi biaya, jenis aluminium ini relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan jenis swing arm karbon. Hal ini dikarenakan, proses pembuatan desainnya yang lebih mudah dibandingkan dengan jenis swing arm karbon.

Manfaat dari Swing Arm MotoGP

Penggunaan swing arm pada kendaraan MotoGP sangatlah penting. Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang amat vital. Hal ini bisa mengantarkan pengguna mencapai kemenangan di arena balap yang begitu ketat.

Manfaat swing arm di arena balap sangat penting, terutama ketika di mulai start. Komponen penting ini akan menahan besarnya tenaga yang akan tersalurkan pada mesin. Begitupun ketika memasuki area tikungan, swing arm akan membantu proses deselerasi ketika mengerem.

Tingkat kekakuan swing arm akan berpengaruh pada ban yang digunakan. Kekakuan ini dipengaruhi berbagai hal, termasuk material serta ukurannya. Untuk area MotoGP, material yang digunakan yaitu aluminium dan karbon.

Berapa Harga Swing Arm MotoGP

Terkait harga, tim LCR mengeluarkan budget hingga 4 miliar rupiah. Harga tersebut berlaku untuk satu jenis swing arm karbon. Dalam melengkapi komponen penting untuk menunjang balapan, harga tersebut tentunya harus sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

Sama halnya dengan tim LCR, tim Repsol dari Honda pun mengeluarkan budget swing arm hingga 250.000 euro. Harga tersebut setara dengan 4 miliar rupiah. Harga tersebut tentunya bukanlah hal kecil untuk bisa tampil memuaskan di arena balapan.

Demikianlah informasi terkait swing arm MotoGP. Pemilihan yang tepat akan membuat performa lebih maksimal. Hal ini tentunya dibutuhkan kejelian dari ahli untuk bisa memilih swing arm yang bagus.

Bagikan: