3 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Dan Cara Mencegahnya

Sepeda motor jadi kendaraan yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Namun kendaraan ini tentunya memiliki sejumlah masalah yang disebabkan oleh masalah Aki. Keadaan ini adalah akibat dari Aki motor yang tidak mengisi dengan baik. Oleh karena itu pembahasan ini akan mengulas penyebab aki motor tidak mengisi.

Kondisi motor atau kendaraan lain akan sangat tergantung pada kondisi komponen di dalam nya, salah satu bagian yang paling penting adalah Aki motor. Jika terjadi masalah pada bagian ini maka akan timbul masalah yang cukup menyulitkan pengguna. Apalagi dalam kondisi Aki motor tidak mengisi dengan baik. Namun pengguna sepeda motor tidak perlu terlalu khawatir karena kondisi ini bisa diwaspadai jika memahami penyebab nya.

Penyebab Sering Terjadi Aki Motor Tidak Mengisi

Kondisi tidak baik seperti masalah Aki pastinya memiliki sejumlah sebab akibat. Baik dari keadaan internal maupun eksternal. Untuk bisa mencegah keadaan tersebut, maka berikut ini pembahasan sejumlah penyebab masalah Aki motor tidak mengisi.

1. Masalah Pada Spul

Penyebab Aki motor tidak mengisi yang pertama adalah kemungkinan ada masalah pada spul. Bagian spul adalah bagian yang merupakan sumber kelistrikan pada aki. Jika komponen pada sepul ada yang rusak maka akan membuat kelistrikan pada motor juga bermasalah. Jika dibiarkan terjadi maka sejumlah masalah lain akan muncul seperti lampu yang tidak menyala atau mesin yang sulit untuk dinyalakan.

2. Terbatas Masa Produksi

Umur dari suatu produk ternyata juga mempengaruhi kerja dari produk tersebut, hal ini berlaku pada Aki. Sejumlah masalah dapat timbul di kinerja Aki karena umur yang sudah lama atau masa produktif nya sudah berlalu. Layaknya mesin tua maka akan timbul masalah-masalah mesin lain yang menghambat produktivitas.

3. Kerusakan Pada Kiprok

Mesin aki memiliki sebuah komponen yang bertugas sebagai regulator terhadap arus listrik yang keluar masuk aki. Komponen ini bernama Kiprok. Tak jauh beda dengan sepul, jika bagian ini bermasalah maka akan membuat kelistrikan motor bermasalah. Hal ini mungkin juga akan mempengaruhi sampai ke masalah besar seperti membuat motor tidak bisa hidup.

Mencegah keadaan Aki tidak mengisi dengan baik

Keadaan dimana Aki bermasalah seperti itu tentunya sangat menyusahkan. Oleh karena itu setelah membahas penyebab aki motor tidak mengisi mari mengetahui cara untuk mencegahnya. Berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi Aki tidak mengisi terjadi

1.  Melakukan Pemeriksaan Berkala

Pemilik kendaraan bermotor sudah semestinya melakukan service atau pemeriksaan berkala pada kendaraan. Hal seperti ini juga sudah difasilitasi oleh sejumlah bengkel resmi. Pengguna hanya tinggal datang ke bengkel resmi melakukan pemeriksaan dan perawatan. Jika terjadi sejumlah masalah akan terdeteksi dalam pemeriksaan berkala ini.

2.Memperhatikan Masalah Kelistrikan

Masalah kelistrikan bisa jadi hal yang paling mudah dideteksi sejak awal. Kendaraan bermotor membutuhkan listrik di seluruh komponen, jadi jika ada masalah kelistrikan akan mudah diketahui. Biasanya dimulai dengan masalah lampu atau bahkan kendaraan yang susah hidup.

3.  Mengganti Aki Yang Sudah Tua

Umur Aki jelas mempengaruhi kondisi Aki. Ada baik nya untuk mengganti Aki yang sudah lewat masa produktif nya ke Aki baru. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah masalah-masalah pada kendaraan. Apalagi Aki motor merupakan komponen yang sangat penting, yang jika rusak tiba-tiba karena umur akan menyusahkan pengguna.

Itulah sejumlah pembahasan mengenai penyebab aki motor tidak mengisi dan cara mencegah nya. Masalah pada aki seperti penjelasan di atas bisa disebabkan oleh masalah dalam aki atau masalah umur aki. Hal yang perlu dilakukan untuk mencegah masalah pada aki adalah perawatan dan service yang rutin untuk kendaraan.

 

Bagikan: