Fakta Baru Tim Monster Energy Yamaha Motogp per 2021

Motogp 2021 kini telah telah memasuki seri ke 16. Sepanjang 2021 ini ternyata ada kabar terbaru dari tim Monster Energy Yamaha Motogp. Mulai dari pensiunnya Valentino Rossi dari tim ini, hingga permasalahanya dengan Maverick Vinales yang akan diuraikan pada artikel kali ini.

Monster Energy Yamaha adalah salah satu tim balap Yamaha yang ikut berkompetisi dalam Motogp Tim ini sebelumnya disponsori Movistar yang kemudian hengkang dan digantikan oleh Monster Energi. Berikut adalah fakta tentang timnya di sepanjang tahun 2021:

1. Pertama Kalinya Tanpa Rossi

Tahun 2021 ini adalah terakhir kalinya Monster Energi Yamaha bersama Rossi dan pertama kalinya Tanpa Rossi. Meskipun belum sepenuhnya pensiun dari Motogp, tetapi pembalap asal Italia ini telah mengumumkan pensiunya dari tim ini sejak Agustus 2021.

Keputusan Valentino Rossi untuk pensiun sebenarnya telah ada sejak tahun 2020 kemarin. Hanya saja, karena desakan orang tua, pembalap dengan julukan The Doctor ini memilih untuk memperpanjangnya setahun lagi. Kini Rossi berada di tim Petronas Yamaha sambil menunggu musim berakhir.

2. Ada Pembalap Baru

Kepergian Rossi dari tim merupakan suatu peristiwa besar bagi Monster Energy Yamaha. Oleh karena itu, tim mencoba mempersiapkan semuanya lebih awal dengan merekrut pembalap baru Fabio Quartararo. Kehadiran pembalap asal Prancis ini diumumkan awal tahun 2021 dengan tujuan menggantikan Valentino Rossi.

Fabio Quartararo pun merasa senang, karena bisa merasakan posisi yang pernah dipegang oleh legenda Motogp itu. Vinales yang merupakan rekan satu tim Fabio kala itu pun merasa antusias dengan kehadiran pembalap baru ini. Kini Fabio telah menunjukan prestasi yang baik dari seri ke seri.

3. Ada VR46 pada Baju Tim Baru

Selain ada perubahan terhadap wajah tim, ternyata ada yang baru lagi dari tim ini yaitu pada pakaiannya. Ini dapat dilihat dengan adanya inisial VR46 di bahu kanan atas baju tim tersebut. Inisial VR ini mengingatkan pada Valentino Rossi dan 46 pada nomor motor selama Rossi berkarir.

Ternyata penempatan VR46 pada baju tim Monster Energy Yamaha Motogp ini bukanlah tanpa tujuan. Jika ditelisik lebih lanjut, inisial ini akan bertuliskan VR46 Racing Apparel. Ternyata VR46 Racing Apparel ini merupakan perusahaan Apparel milik Valentino Rossi yang menjadi sponsor baru tim itu.

4. Mempunyai Masalah dengan Vinales

Maverick Vinales telah bersama dengan Monster Energy Yamaha sejak tahun 2019. Hanya saja, hubungan harmonis Vinales dan Monster Energy Yamaha selama 2 tahun sepertinya harus berhenti pada tahun 2021. Monster Energy Yamaha menyatakan sudah tak sanggup lagi bersama Vinales sejak 21 Agustus 2021.

Pernyataan pemecatan Vinales tentu bukan tanpa alasan. Sebenarnya perpecahan antara Vinales dan mantan timnya ini sudah terlihat sejak GP Assen. Beberapa saksi menilai bahwa Vinales seringkali menggeber YZR-M1 itu secara tidak wajar dan menyebabkan kerusakan.

5. Kembalinya Duet Fabio – Franco

Pasca kepergian Vinales, Monster Energy Yamaha sepertinya tidak mau meratap terlalu lama. Ini terlihat dengan usaha keras Monster Energy Yamaha untuk mencari pembalap baru. Akhirnya pada 19 September 2021, Monster Energy Yamaha memutuskan untuk mengangkat Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha SRT.

Franco Morbidelli sendiri merupakan rekan setim Fabio ketika masih bersama dengan Petronas Yamaha SRT. Meskipun pernah menjadi duet bersama, kedatangan Franco sepertinya tidak disambut hangat oleh Fabio. Ini karena Fabio yang ingin tetap fokus terhadap perebutan gelar juara.

Sepertinya tahun 2021 ini menjadi tahun yang penuh kisah bagi tim Monster Energy Yamaha Motogp. Tidak hanya bagi tim, tetapi juga bagi fans dari tim Yamaha terutama bagi fans dari The Doctor, Valentino Rossi. Banyaknya peristiwa yang terjadi membuat Monster Energy Yamaha terus belajar dan menjadi lebih baik.

Bagikan: