Inilah 5 Merk Helm Pembalap MotoGP Terbaik

Ketika menonton ajang MotoGP pasti penonton melihat helm-helm yang digunakan oleh para pembalap. Dari layar televisi saja, helm-helm ini tampak sangat keren. Bukan hanya keren saja, helm MotoGP juga didesain memiliki kualitas tinggi untuk menjaga keamanan si pembalap. Ketahui lebih lanjut merk helm pembalap MotoGP di bawah ini:

1. AGV

Merk helm satu ini cukup terkenal lantaran digunakan oleh pembalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi. Awalnya merk ini hanya memproduksi jok kulit motor saja. Dalam perjalanannya di tahun 1954, AGV mulai memproduksi helm. Helm AGV ini sangat eye catching atau mudah dikenali karena menarik perhatian.

Ini disebabkan oleh latar belakangnya yang khas berwarna seperti bendera Italia. Logo AGV tertulis di atas warna merah, putih, dan hijau. Di musim 2021 ini, ada beberapa pembalap MotoGP yang menggunakan merk helm AGV. Selain Valentino Rossi, ada Franco Morbidelli, Joan Mir, Jack Miller, dan Luca Marini.

2. Shoei

Shoei adalah merk helm yang mulai diproduksi pada tahun 1958. Awalnya, perusahaan ini tidak memproduksi helm melainkan topi untuk kebutuhan industri konstruksi. Seiring perkembangannya, merk ini mulai menjajaki produksi helm bahkan ketika namanya masih Kamata Polyester Canopy.

Nama Shoei sendiri baru diresmikan pada tahun 1968. Dimana pada saat itu Shoei sudah memasuki pasar arena balap dan menjadi produsen helm dunia. Meskipun perusahaan merk ini masih dikatakan sebagai perusahaan kecil, Shoei memiliki nama yang cukup terkenal. Ditambah lagi dengan digunakannya merk ini oleh Marquez bersaudara.

3. Arai

Dari namanya saja sudah bisa ditebak asal negara dari merk ini. Arai yang diambil dari Hirotake Arai adalah seorang pengusaha Jepang yang awalnya berbisnis di produksi topi pada tahun 1937. Lantas, pada 1950, Hirotake Arai berinovasi untuk mulai memproduksi helm motor.

Inovasinya ini diawali oleh kesadarannya bahwa untuk mengendarai motor perlu helm yang bisa melindungi pengendaranya. Arai berkomitmen untuk tidak hanya berfokus pada bisnis komersial tapi memberikan keamanan saat berkendara. Nilai ini melekat di merk Arai hingga saat ini. Pantas saja jika Maverick Vinales dan Takaaki Nakagami mempercayakan Arai sebagai helmnya.

4. KYT

Siapa sangka kalau merk dalam negeri ini bisa menembus pasar luar dan bahkan menjadi merk helm pembalap MotoGP? KYT adalah merek yang berasal dari PT Tarakusuma Indah. Produksi helm ini bahkan sudah dimulai dari tahun 1980-an. Jenis helm KYT yang digunakan oleh pembalap profesional ini bahkan langsung dirancang oleh pendiri KYT.

Di musim 2021 ini, KYT digunakan oleh Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori. KYT juga memproduksi merk lain seperti INK dan MDS. Untuk pembaca yang juga ingin menggunakan helm produksi perusahaan ini dengan budget lebih ekonomis juga bisa membeli merk BMC dan HIU.

5. Suomy

Merk satu ini sudah mengatur branding nya sejak awal, yaitu menjadi merk helm motor balap. Sejak awal pendiriannya pada 1997, Suomy sudah membuat kriteria pembuatan helm balapnya sangat ketat untuk mempersiapkan merk nya dikenal sebagai merek helm motor balap.

Saat ini tujuan Suomy bahkan sudah tercapai. Tercatat pada tahun 2000 Suomy bekerjasama dengan Ducati. Hasil perjanjian kerjasama ini membuat helm Suomy harus digunakan oleh semua pengendara Ducati. Tentunya ini memberikan keuntungan kepada Suomy dan membuatnya menjadi semakin terkenal. Di musim ini Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia menggunakan Suomy.

Itulah daftar merk helm pembalap MotoGP. Perlu diketahui bahwa harganya yang fantastis bukan hanya dikarenakan merk-nya yang sudah terkenal. Merk-merk yang berhasil digunakan oleh pembalap MotoGP sudah melalui tahap kualifikasi yang cukup ketat. Ini menjaga keamanan si pengendara saat di arena balap.

Bagikan: