Karir Valentini Rossi Selama Di Moto GP

Karir Valentini Rossi Selama Di Moto GP

Karir Valentini Rossi Selama Di Moto GP, Otoriders.com Hallo Sobat para pecinta Moto gp, Siapa tidak mengenal dengan rider MotoGP, Valentino Rossi. Di ialah legenda hidup motor balap dunia. Perjalanan karier Valentino Rossi di MotoGP selalu menarik unntuk diulas.

Rider memperoleh panggilan The Doctor ini benar-benar sama bernomor motor balap 46. Pertama kali masuk di kelas MotoGP ialah pada 2000, saat zaman motor 2-tak.

Selesai 21 tahun di kelas balapan paling tinggi, Rossi masih bertahan. Sekarang umurnya telah mencapai 42 tahun dan dianya terlontar ke team satelit, Petronas Yamaha SRT. Tetapi semangat balap pria dari Italia yang telah mengumpulkan 7 juara dunia MotoGP itu tidak padam.

Untuk kamu yang ingin tahu perjalanan karier Valentino Rossi dari awalnya ada di MotoGP sampai saat ini, baca ulasan di bawah ini:

  • 1. Berawal di Team Nastro Azzuro Honda (2000-2001)

Karir Valentini Rossi
deretan Karir Valentini Rossi

Valentino Rossi mengawali kariernya di kelas khusus balapan kelas dunia ini bersama team Nastro Azzuro Honda. Saat itu dia bertanding pada kelas 500cc dengan memakai motor Honda NSR500 2-tak.

Di tahun 2000 yang disebut tahun pertama kalinya bertanding di MotoGP ini, dia jadi juara Runner Up dan raih Rookie of The Year. Pada tahun ke-2 nya yaitu, 2001 Rossi sukses merampas juara dunia GP500 pertama kalinya.

Bersama team ini, karier Valentin Rossi di MotoGP mulai tercipta. Dari sini warna kuning ciri khas VR46 datang untuk pertama kalinya.

  • 2. Repsol Honda (2002-2003)

Karir Valentini Rossi

 

Sesudah sukses mengawali kariernya di team satelit, Rossi lalu berubah untuk bela team pabrikasi yakni, Repsol Honda. Saat itu ia berlaga pada musim balap 2002 s/d 2003.

Bersama Repsol Honda, VR46 dengan memakai Honda RC211V sukses jadi juara dunia beruntun sepanjang 2x, yaitu, pada musim balap tahun 2002 dan 2003. Ini jadi titel juara dunia ke-2 dan ke-3 untuk dianya.

Karier Valentino Rossi di MotoGP makin cemerlang. Namun ia selanjutnya putuskan keluar ke Yamaha, karena Honda dipandang begitu mengungkung.

  • 3. Yamaha Faktory Racing (2004-2010)

 

Pada musim balap 2004, Rossi beralih dari Repsol Honda dan tergabung dengan team pabrikasi Yamaha Faktory Racing.

Tahun awal tergabung dengan team ini, Rossi langsung menyikat titel juara dunia kembali di tahun 2004. Langsung jadi titel juara dunianya yang ke-4 waktu itu.

Pada musim balap seterusnya, tahun 2005 rider asal Italia ini kembali raih titel juara dunia dengan motor Gauloises Yamaha yang lengkapi titel juara dunianya yang ke-5.

Benar-benar sayang, pada musim balap seterusnya pada tahun 2006, VR46 cuman sanggup jadi Runner Up. Waktu itu Rossi memakai livery motor Camel Yamaha.

Ketidakberhasilan seterusnya datang di tahun 2007, memakai livery motor FIAT Yamaha, Rossi yang bela team paabrikan Yamaha ini cuman sanggup menempati urutan ke-3 kejuaraan balap kelas dunia ini.

Tidak ingin tersuruk dalam kekalahan, di tahun 2008 Rossi kembali merampas mahkota juara dunianya. Dan meneruskannya pada musim balap tahun 2009 dengan menjadi lagi juara dunia.

  • 4. Ducati Corse (2011-2012)

Karir Valentini Rossi

 

Di tahun 2011, Rossi beralih dari team pabrikasi Yamaha. Pada musim balap tahun itu, Rossi pilih tergabung dengan team Ducati Corse.

Kombinasi rider Italia dengan motor yang sama berawal dari Italia ini tidak berbuah manis. Saat itu Rossi berasa kesusahan untuk menyesuaikan dengan motor Ducati yang ia pakai.

Selanjutnya, Rossi cuman sanggup menempati urutan ke-7 klassemen MotoGP pada musim balap 2011. Sementara di tahun 2016 pembaruan yang dapat dilaksanakan cukup dengan naik satu rangking ke status enam.

  • 5. Balik ke Yamaha Faktory Racing (2013-2020)

 

Di tahun 2013, Rossi pilih untuk kembali bela team pabrikasi Yamaha. Selam lima tahun lama waktunya hhingga tahun 2018 Rossi bela team pabrikasi Yamaha dengan livery motor Movistar Yamaha.

Simak juga Pada akhirnya Valentino Rossi Naik Tribune, Tetapi di Balap MobilKarir Valentino Rossi di MotoGP pada 2019 sampai 2020, di team yang serupa, ia memakai livery Monster Energy Yamaha. Benar-benar sayang, semenjak tahun 2009 s/d 2020 tempo hari Rossi tidak dapat raih kembali titel juara dunianya kembali.

Juara dunia MotoGP 9 kesempatan ini tidak berhasil lengkapi mahkota juara dunianya yang ke-10 di tahun 2015 saat bertanding dengan Jorge Lorenzo.

  • 6. Karier Valentino Rossi di MotoGP Saat Ini Bela Petronas Yamaha SRT (2021)

 

Pada musim balap tahun 2021, Rossi tergabung dengan team satelit Yamaha yaitu, Petronas Yamaha SRT. Kesempatan kali ini, Rossi akan jalani kontrak balap cuman untuk setahun saja.

Di Petronas Yamaha SRT, Rossi akan bersanding dengan Franco Morbidelli. Walaupun masuk team satelit, tetapi The Doctor akan memakai kuda besi yang sama dengan team pabrikasi.

Pada 2021, Rossi pada akhirnya balik lagi ke team satelit. Awalnya ia selalu bela team pabrikasi, terkecuali di saat karier pertama kalinya naik ke kelas khusus yakni bersama Nastro Azzuro Honda.

Demikian merupakan perjalanan karier Valentino Rossi di MotoGP. Untuk kamu yang ingin tahu info terkini dan terkomplet sekitar dunia otomotif, ikuti kami terus ya

Bagikan: