Ini dia Cara Simpel Merawat Motor Tanpa Ke Bengkel – Motor merupakan kendaraan yang paling fleksibel saat anda gunakan untuk berkendara. Selain dengan bentuknnya yang bisa dimodifikasi, perawatan motor ini tidaklah sulit. Bahkan jika anda telaten, anda bisa melakukan perawatan motor anda sendiri di rumah. Dengan begitu anda lebih bisa menghemat waktu dan biaya.

Perawatan motor yang rutin sangat mempengaruhi kinerja sebuah motor. Namun biasanya seseorang hanya akan melakukan perawatan saat motor disara sudah tidak nyaman dikendarai. Dan untuk anda yang mungkin tidak punya waktu, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat motor tanpa ke bengkel.

  • Cuci motor

Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan bahkan bisa anda lakukan dirumah anda. Kebersihan motor yang terjaga juga akan membuat motor anda semakin kinclong. Tentu anda akan lebih percaya diri saat mengendarai motor yang bersih daripada motor yang kotor. Selain itu, cover mesin bagian luar juga akan lebih awet jika rutin anda bersihkan. Setelah mencuci motor, pastikan anda mengeringkan bagian yang masihbasah dengan kain lap atau kanebo.

Ini dia Cara Simpel Merawat Motor

 

  • Tekanan ban

Untuk yang satu ini, anda perlu melakukannya secara rutin minimal seminggu sekali. Pasalnya, ban motor merupakan bagian terpenting yang juga memerlukan perhatian yang lebih. Dengan memeriksa tekananya secara rutin, anda bisa merawat motor tanpa ke bengkel. Jika tekanan udara pada ban anda sudah terlalu lama anda gunakan, maka anda bisa segera menggantinya dengan tekanan yang baru. Untuk rekomendasi agar ban awet, lebih baik anda menggunakan nitrogen.

Ini dia Cara Simpel Merawat Motor

  • Pergantian oli

Untuk mengganti oli pada motor tidaklah terlalu sulit. Bagi anda yang menggunakan motor dengan intensitas yang tinggi (setiap hari), maka pergantian olinya harus anda perhatikan. Anda bisa menghitung jarak tempuh motor untuk anda gunakan sebagai acuan sebelum anda mengganti oli. Dimana biasanya sebuah motor harus diganti olinya ketika sudah menempuh jarak sekitar 2.000 km.

  • Perawatan busi

Selain oli, busi juga merupakan salah satu bagian motor yang harus anda perhatikan. Saat anda ingin merawat motor tanpa ke bengkel maka periksalah kondisi busi anda secara berkala. Anda bisa melakukan pembersihan dengan menyikat busi. Karena biasanya busi akan kotor saat lama digunakan akibat sistem pengapian pada motor.

Dengan langkah-langkah simpel yang sudah tersebut di atas, anda bisa merawat motor tanpa ke bengkel. Semua langkah tersebut bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan sederhana. Saat anda rajin merawat motor anda sendiri tanpa membawanya ke bengkel, tentu anda bisa menghemat waktu dan biaya perawatan motor anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here