Inilah 5 Fakta Tentang Helm Arai Motogp yang Wajib Diketahui

Arai merupakan salah satu merek helm yang meramaikan kontes Motogp. Dipilihnya Arai untuk meramaikan jagat Motogp tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa fakta helm Arai Motogp yang membuat merek ini cukup dipercaya. Mulai dari keamanannya hingga sejarahnya.

Arai merupakan merek helm yang sangat populer di dunia. Tidak hanya di Motogp, tetapi di ranah komersial helm ini juga cukup dipercaya oleh masyarakat. Berikut adalah fakta menarik dari helm Arai yang cukup dipercaya untuk ikut meramaikan kontes Motogp:

1. Berawal dari Sebuah Brand Topi

Sebenarnya. awal mula Arai tidak mendesain pelindung kepala untuk pengendara motor. Arai adalah sebuah produsen topi pada tahun 1900. Berkembangnya tentara kekaisaran jepang pada tahun 1930, mendorong Arai untuk memproduksi topi pelindung kepala dari sinar matahari bagi para tentara kekaisaran.

Hal ini terus berlanjut hingga berakhirnya Perang Dunia 2 pada tahun 1945. Berakhirnya perang membuat Arai beralih ke produsen T-Shirt dan Overall, hingga akhirnya serikat kerja mewajibkan helm untuk melindungi pekerja. Kemampuan helm terus berkembang bagi pengendara sepeda motor hingga Arai menjajaki Amerika Serikat.

2. Diakui Aman oleh Dani Pedrosa

Dani Pedrosa awalnya menggunakan helm Nolan saat berada di GP 125 dan GP 250. Kemudian Dani mulai berpindah ke Akai karena faktor keamanan yang dimilikinya. Arai memiliki faktor keamanan yang lebih baik dan itu penting bagi Dani Pedrosa.

Keamanan helm Arai dapat dilihat dari desain yang dimilikinya. Arai memaksimalkan desain untuk memproteksi pembalap dari jatuh. Menurut Dani Pedrosa, kemampuan meredam dan menghindari benturan keras adalah hal yang terpenting dan Arai adalah helm yang dapat melakukan hal tersebut.

3. Dani Pedrosa dan Hiroshi Aoyama Ikut Merancang Arai Defiant

Mantan pembalap kawakan seperti Dani Pedrosa dan Hiroshi Aoyama pun pernah diajak untuk mendesain helm Arai Motogp ini. Kerjasama antara kedua pembalap itu dan Arai kemudian menghasilkan produk helm Arai yang baru yaitu Arai Defiant.

Mendapatkan masukan dari pembalap profesional dirasa penting oleh perusahaan Arai untuk menilai keamanan dan kenyamanan dari helm tersebut. Kerjasama antara ketiga pihak itu pun akhirnya menciptakan sebuah helm baru dengan corak dasar hitam dengan akses jingga atau orange.

4. Pernah Mendesain Kembali Livery Nicky Hayden

Prestasi dari mendiang pembalap Motogp, Nicky Hayden sepertinya tidak pernah dilupakan oleh Arai. Nicky Hayden sempat menjadi pengguna setia Arai selama kiprahnya di Motogp. Untuk mengenang masa hidup Hayden, Arai merilis kembali desain Nicky Reset pada tipe helm Corsair-X.

Nicky Reset merupakan desain helm yang pernah digunakan Hayden semasa hidupnya. Hayden menggunakan desain ini pertama kali ketika tes Motogp Valencia pada 11 November 2013. Adanya desain Nicky Reset pada helm Corsair-X tentu akan mengobati kerinduan penggemar terhadap Hayden.

5. Kaca Helmnya Anti Peluru

Kecepatan rata-rata motor dalam ajang Motogp adalah 350 km/jam, yang mana melebihi kecepatan peluru yaitu 313 km/jam. Hal ini menjadi keharusan bagi desain helm pada konten Motogp untuk memiliki kemampuan anti peluru. Tentu saja tujuannya bukan untuk peluru, tetapi untuk partikel kerikil yang terpelanting ke kepala.

Kemampuan kaca yang anti peluru juga diadopsi oleh helm Arai. Kekuatan kaca helm Arai terhadap peluru ini bahkan telah diuji oleh akun Youtube DemolitionRanch. Video tersebut memperlihatkan seorang pria yang mencoba menguji helm Arai dengan menembak helm tersebut.

Helm Arai yang banyak ditemukan dipasaran ini ternyata memiliki fakta menarik yang cukup banyak. Bahkan untuk menjadi helm Arai Motogp yang diakui, helm ini tidak memiliki masa yang singkat. Selain itu, para tokoh penting di belakangnya pun membuat helm ini semakin terlihat kualitasnya.

Bagikan: