Daftar Ukuran Gigi Primer Sekunder Semua Motor Ini Wajib Disimak

Pengendara yang ingin memodifikasi motor tidak hanya memperhatikan bagian bodynya saja melainkan juga harus memperhatikan ukuran gigi primer sekundernya. Ukuran gigi tersebut juga perlu dimodifikasi agar tarikannya semakin ringan. Berikut ini akan disajikan informasi mengenai apa itu gigi primer sekunder dan daftar ukuran gigi primer sekunder semua motor yang patut disimak.

Apa Itu Gigi Primer Sekunder

Bagi orang awam pasti tidak mengetahui yang apa itu gigi primer sekunder dan juga daftar ukuran gigi primer sekunder semua motor. Informasi tersebut tentu sangat penting sekali di dalam dunia permotoran sehingga harus diketahui informasinya. Gigi yang ada pada motor terdiri dari dua jenis yang pertama adalah gigi primer dan yang kedua gigi sekunder.

Gigi primer bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan gigi sekunder. Keduanya sama-sama berbentuk lingkaran dengan bagian luarnya dibuat bergerigi agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Bentuk gigi primer yang sudah aus harus segera diganti agar pengendara lebih nyaman untuk menjalankan motornya.

Gigi sekunder memiliki ukuran yang lebih besar dan biasanya diletakkan di belakang gigi primer. Terdapat setidaknya 4 lubang besar yang ada di dalam gigi sekunder. Satu lubangnya berada di bagian tengah dan berbentuk lingkaran sehingga dapat dimasukkan ke dalam tempatnya dengan mudah. Fungsi gigi primer dan gigi sekunder berkaitan dengan tarikan gasnya.

Daftar Ukuran Gigi Primer Sekunder Semua Motor

Setiap motor tentu memiliki kriteria ukuran gigi yang berbeda-beda sehingga tidak boleh disamakan begitu saja. Pengendara motor hendaknya mengetahui ukuran gigi primer dan sekunder agar jika terjadi kerusakan maka bisa membelinya lagi dengan yang baru. Berikut adalah daftar ukuran gigi primer dan sekunder yang perlu dipahami.

1. Yamaha

Yamaha telah berhasil menciptakan banyak sekali produknya mulai dari RX King hingga Yamaha Mio. Setiap merk motor Yamaha tersebut memiliki ukuran gigi primer sekunder yang berbeda-beda. RX King sendiri memiliki ukuran 12-34, 19-26, dan lain sebagainya. Ukuran gigi Yamaha Mio yaitu 13 sampai 42.

2. Honda

Honda memiliki beberapa merk yang telah berkembang di masyarakat. Versi yang paling lama adalah motor Grand yang sekarang sudah mulai jarang beredar. Daftar ukuran gigi primer sekunder semua motor khususnya untuk Motor Grand yaitu terdiri dari 4 gigi. Ukuran gigi yang pertama mencapai 12 sampai 34 dan gigi yang keempat mencapai 24 sampai 23.

Merek Honda lain ada yang memiliki 5 hingga 6 gigi pada motornya sehingga patut untuk diketahui. Diketahui bahwa merk Honda Standar Tiger memiliki 6 gigi dengan kategori gigi yang pertama berukuran 11 sampai 28 dan gigi yang keenam berukuran 27 sampai 22. Keenam gigi tersebut membuat motor ini terasa semakin komplit dan banyak yang meminatinya.

3. Suzuki

Setidaknya terdapat 11 merk yang telah diluncurkan oleh Suzuki hingga saat ini. Merk yang pertama adalah Suzuki Spin yang hanya memiliki satu gigi yaitu berukuran 13 sampai 45. Jumlah gigi yang paling banyak dimiliki oleh Suzuki Satria FU 150 Drag Bike 201m yaitu 6 gigi. Ukuran gigi yang pertama mencapai 13 sampai 31 sedangkan gigi yang keenam mencapai 25 hingga 21.

Demikianlah ulasan menarik mengenai apa itu gigi primer sekunder dan daftar ukuran gigi primer sekunder semua motor. Intinya ketiga produsen motor tersebut memiliki standar giginya masing-masing sehingga tidak bisa disamaratakan. Setiap produk tersebut dilengkapi dengan kecanggihannya masing-masing

 

Bagikan: