Cara Perbaiki Aki Kering Mudah dalam 5 Langkah

Saat aki rusak terutama aki kering, orang biasanya buru-buru untuk mengganti aki pada kendaraannya. Padahal ada cara perbaiki aki kering yang mudah untuk dikerjakan oleh pemilik kendaraan. Bahkan, hanya perlu dilakukan dalam beberapa langkah saja yang tentunya tidak sulit.

Aki kering memang menjadi salah satu komponen terpenting dalam kendaraan. Aki bertanggung jawab untuk mensuplai energi listrik dan menopang sistem listrik pada kendaraan. Tanpa aki, tentu saja kendaraan mobil maupun motor tidak akan dapat bergerak bahkan tidak bisa dinyalakan. Tidak heran, jika komponen aki ini termasuk komponen yang terbilang mahal. Berikut ini adalah 5 langkah untuk memperbaiki aki kering sendiri.

1. Mempersiapkan Peralatan

Langkah pertama yang harus disiapkan oleh pemilik kendaraan yang ingin memperbaiki aki kering. Tentu saja, menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan. Bahan utama yang perlu disiapkan untuk perbaikan adalah air aki baru.

Air aki ini bisa dibeli di bengkel maupun toko otomotif terdekat. Kemudian, siapkan juga peralatan bengkel dasar seperti obeng plus dan minus, pisau (bisa diganti dengan gergaji besi), dan selotip dengan permukaan lebar.

2. Melepas Aki dari Tubuh Kendaraan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas aki dari tubuh dan mesin kendaraan. Jangan sembarangan dalam mencabut aki dari mesin. Pastikan kabel-kabel yang tersambung sudah dilepaskan terlebih dahulu. Hal ini, untuk menghindari apabila ada aliran listrik yang masih tersisa.

Letakkan aki pada permukaan yang kering dan ruang yang memiliki ruang bergerak cukup luas. Jauhkan aku dari barang atau jangkauan orang lain terutama anak kecil.

3. Melepaskan Bagian Penutup Aki

Cara perbaiki aki kering selanjutnya adalah membuka bagian penutup aki. Untuk membuka penutup aki, pemilik kendaraan bisa menggunakan pisau maupun gergaji besi yang sudah disiapkan. Pada bagian penutup aki akan ada bagian yang bertuliskan ‘Do Not Open’. Letakkan pisau pada area tersebut. Kemudian, potong hingga pada bagian samping dan belakang penutup aki.

4. Mengisi Kembali Tabung Air Aki

Setelah penutup dibuka, pemilik kendaraan akan melihat bagian dalam aki. Pada bagian ini akan terlihat 6 silinder yang seharusnya diisi oleh air aki. Pada aki yang rusak, biasanya silinder ini sudah kering atau cairan sudah sedikit.

Gunakan air aki yang sudah disiapkan sebelumnya untuk mengisi ke 6 silinder tersebut. Biasanya satu lubang silinder cukup diisi air aki sebanyak 15 ml saja. Harap berhati-hati dalam mengisi air aki karena air aki memiliki kandungan yang berbeda dari air biasa.

Jika terkena kulit bisa menyebabkan iritasi, karena itu, hindarkan kontak langsung dengan kulit. Namun jika, terlanjur segera cuci bagian kulit yang terkena air aki dengan air mengalir dan sabun.

5. Menutup Kembali Aki

Jika setiap silinder sudah terisi dengan air yang baru. Pemilik kendaraan bisa langsung menutup kembali aki. Posisikan penutup aki sama seperti sebelum dibuka. Tutup aki mustahil bisa rapat kembali seperti sebelumnya. Karena, segelnya memang sudah dirusak. Untuk itu pemilik kendaraan bisa menggunakan selotip.

Selotip bagian pinggir penutup aki. Agar semakin rapat sebaiknya menggunakan selotip yang berukuran lebar. Selain itu, gunakan beberapa lapis selotip untuk memastikan tidak ada kebocoran atau cairan air aki tidak bisa tumpah saat digunakan.

Itulah cara perbaiki aki kering sendiri yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan. Jika, aki kering yang sudah diperbaiki tidak bisa menyala, ketika dicoba. Maka pemilik kendaraan bisa mengulangi langkah di atas.

 

Bagikan: