5 Langkah Cara Jumper Aki Motor Sendiri di Rumah

Bagi pemilik sepeda motor, maka harus rajin melakukan perawatan pada motornya. Jumper aki motor dapat mengatasi masalah pada bagian aki soak. Dimana masalah tersebut dapat membuat motor tak dapat dinyalakan. Di bawah ini adalah cara jumper aki motor yang dapat dilakukan sendiri:

1. Mempersiapkan Alat

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan. Langkah ini akan memudahkan pemilik motor untuk melakukan jumper aki motor. Siapkan saja alat-alat yang akan diperlukannya. 

Alat-alat yang diperlukan tidak begitu banyak, melainkan hanya obeng, aki penjumper serta perkakas. Perkakas yang dimaksud adalah segala kebutuhan umum untuk memperbaiki motor. Hal tersebut ialah seperti kunci ring, kunci pas serta kabel penjumper. Kabel penjumper sangat penting dalam hal ini.

2. Melepas Aki Motor

Langkah selanjutnya adalah melepas aki dari motor. Sebelum itu, siapkan terlebih dahulu aki penjumpernya, pemilik motor dapat juga menggunakan aki yang baru atau aki lainnya yang sudah pernah dipakai. Lakukan pelepasan aki dengan benar jika memang menggunakan aki dari motor lain.

Untuk cara membuka aki motor, caranya perlu dilakukan dengan benar. Caranya yaitu melepaskan baut pengunci tanda negatif dahulu. Berikutnya dilanjutkan dengan melepas bagian positif agar tidak terjadi konslet. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.

3. Memasang Kabel Jumper

Apabila aki sudah terlepas, lalu pemilik motor dapat melanjutkan proses jumper dengan pemasangan kabel jumper aki motornya. Kabel jumper umumnya berukuran besar dibanding dengan kabel biasa yang dilengkapi dengan penjepit di bagian ujungnya. Kabel penjumper dapat ditemukan di toko aksesoris khusus motor atau mobil.

Ketika memasang kabel jumper, perhatikan posisi kabel terlebih dahulu. Kabel warna merah dipasang pada kutub positif, dan kabel warna hitam dipasang pada kutub negatif. Pasang jangan sampai terbalik. Ketika melakukan pemasangan kabel jumper harus berhati-hati. Pastikan kembali baut pengunci telah terpasang dengan baik dan sudah kencang. Sehingga, nantinya tidak mudah cepat mengeluarkan panas.

4. Menyambung Kabel Jumper

Cara jumper aki motor yang keempat yaitu menyambung kabel jumper. Sambungkan kabel jumper ke aki motor yang bermasalah, dan disesuaikan dengan kutub masing-masing. Lakukan dengan benar dan hati-hati.

Pastikan kabel jumper yang telah terpasang sebelumnya sudah dalam posisi yang benar. Jika terjadi kesalahan, maka kemungkinan dapat terjadi korslet. Oleh karena itu pastikan kembali posisi kabel jumper dengan kutub positif atau negatifnya sudah benar.

5. Menyalakan Motor

Langkah yang terakhir adalah menyalakan motor. Jika semua kabel telah terpasang, maka cobalah untuk menyalakan motor. Jika keadaan aki penjumper bagus, maka seharusnya motor dapat dinyalakan normal seperti biasa.

Apabila motor sudah menyala, tunggulah beberapa waktu dan lepaskan jepitan kabel jumper pada motor. Tetapi, sebelum itu pastikan motor tetap menyala. Tujuan dari menyalakan motor adalah supaya tegangan listriknya dapat stabil ketika melakukan jumper.

Ketika motor telah menyala, dan juga kabel telah terpasang, maka selanjutnya diamkan motor. Hal ini bertujuan agar aki motornya bisa menyimpan tenaga pada aki yang sudah rusak. Proses ini cukup dilakukan selama kurang lebih 10 hingga 20 detik saja dan tidak perlu terlalu lama.

Ikuti kelima cara diatas sebagai cara jumper aki motor. Proses ini dapat dilakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, pemilik motor dapat meminimalisir pengeluaran biaya dan juga dapat melakukan jumper sendiri. Walaupun begitu, tetap ikuti langkahnya dengan benar dan hati-hati.

Bagikan: