5 Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar, Efektif!

Permasalahan tentang kunci motor yang tidak bisa diputar merupakan hal yang sering dialami oleh pemilik sepeda motor. Adapun, penyebabnya karena kunci motor berkarat. Hal tersebut, biasanya diakibatkan oleh kunci motor yang terkena hujan. Lalu, bagaimana cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar. Berikut ini informasi selengkapnya!

1. Mengoleskan Kunci Motor dengan Oli

Langkah awal yang bisa dikerjakan untuk memecahkan permasalahan kunci motor yang tidak dapat diputar adalah mengoleskan kunci motor dengan oli. Alasannya, karena kunci sepeda motor yang dioleskan larutan oli akan membersihkan noda karat yang bisa membuat kunci sulit untuk diputar. Hasilnya, kunci motor dapat berfungsi seperti sediakala.

2. Mencelupkan Kunci Motor Kedalam Oil Cooking

Oil cooking atau minyak untuk menggoreng dapat digunakan apabila pengguna sepeda motor kesulitan memutar kunci. Sementara itu, cara menggunakan oil cooking untuk memecahkan kunci motor yang tersendat adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan wadah baskom atau mangkuk untuk menampung minyak goreng.
  • Lalu, tuangkan seperempat liter cairan cooking oil.
  • Setelah itu, celupkanlah kunci motor ke dalam cairan cooking oil selama beberapa detik.
  • Langkah terakhir, coba gunakan kembali kunci motor.

3. Menggunakan Larutan Penetran

Larutan penetran sudah dikenal oleh pencinta sepeda motor sebagai larutan yang sangat efektif untuk mengikis bagian motor yang berkarat. Termasuk kunci motor yang mengalami proses pengkaratan. Selain itu, larutan penetran tersebut, dapat memperlancar perputaran kunci motor. Sehingga membuat kunci motor dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini  step-step lengkapnya:

  • Pertama, hanya menyemprotkannya ke bagian kunci yang mengalami proses pengkaratan.
  • Setelah itu bersihkan sedikit sisa noda karat yang terdapat di bagian logam kunci.
  • Langkah selanjutnya, gunakan kembali kunci yang sudah disemprot penetran.

Sementara itu, jika pengguna sepeda motor ingin menggunakan penetran harus memperhatikan jenis penetran yang cocok. Khusus untuk membersihkan kunci motor yang tersendat, harus memilih cairan penetran khusus untuk mengatasi masalah bagian motor yang mengalami proses pengkaratan. Harga dari penetran sendiri sekitar 45.000 hingga 55.000 rupiah.

4. Menggunakan Cairan Pembersih Karburator

Cairan pembersih karburator tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan karburator yang kotor. Namun, ternyata cairan pembersih karburator juga bisa menjadi alternatif solusi cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar. Sedangkan, cara menggunakannya adalah menyemprot sedikit cairan pembersih karburator tersebut ke dalam stop kontak kunci motor.

Tujuannya, supaya kunci lebih lancar ketika diputar. Namun pengendara sepeda motor harus berhati-hati ketika menggunakan cairan pembersih karburator. Alasannya, karena cairan tersebut mengandung bahan kimia yang bisa membuat bagian bodi menjadi lecet. Bahkan dapat membuat pewarna motor terkelupas.

5. Mengganti Kunci dan Soket Kunci Motor

Bila keempat cara yang telah dipaparkan sebelumnya belum bisa menyelesaikan masalah, maka solusinya adalah mengganti kunci dan soket kunci motor. Alasannya, karena adanya komponen kunci dan soket motor yang sudah aus. Sehingga, membuat kunci motor tidak bisa masuk ke dalam soket dengan baik.

Sementara itu, harga penggantian kunci hanya berkisar Rp.25.000 sampai dengan 35.000 rupiah atau tergantung jenis kunci yang akan diganti. Namun jika, lubang kuncinya rusak harganya bisa mencapai ratusan ribu.

Demikian, pembahasan mengenai cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar. Kelima cara yang telah dipaparkan sudah terbukti efektif untuk menyelesaikan masalah kunci motor yang tidak bisa diputar. Jadi, pengguna sepeda motor tidak perlu ragu untuk mempraktekkan kelima cara untuk memperbaiki kunci motor yang tidak bisa diputar.

Bagikan: