Ini 3 Cara Memperbaiki ECU Motor Beat yang Perlu Diketahui

ECU adalah salah satu komponen vital pada sepeda motor. Komponen disebut demikian lantaran kerusakannya yang bisa menyebabkan motor tidak bisa digunakan secara normal. Namun, apakah motor beat yang mati selalu disebabkan oleh ECU yang rusak? Lalu, bagaimana cara memperbaiki ECU motor Beat jika bermasalah? Simak penjelasannya berikut!

Apa itu ECU?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ECU merupakan komponen vital pada sepeda motor termasuk pada motor beat, salah satunya. ECU berfungsi untuk mengatur mati dan nyalanya mesin sepeda motor. Ini berarti, jika ECU mengalami kerusakan, bisa-bisa sepeda motor tidak bisa digunakan bahkan mesinnya tidak bisa dinyalakan.

Terutama pada motor Beat, biasanya ECU yang rusak bisa dikenali dari ciri motor yang tidak bisa menyalakan mesin meskipun kunci sudah dimasukkan dan dalam posisi on. Jika setelah di stater mesin tetap tidak menyala dan speedometer juga tidak bekerja, ini sudah pasti terjadi kerusakan ECU pada motor Beat.

Cara Memperbaiki ECU Motor Beat

Beberapa langkah-langkah berikut bisa pengguna lakukan jika mengalami ciri kerusakan seperti yang dijelaskan di atas. Meskipun pembaca tidak mengerti banyak perihal mesin dan sepeda motor, cara berikut diharapkan bisa membantu pengguna mengatasinya:

1. Mengecek Riwayat Servis

Buku riwayat servis atau nota servis motor sangat penting untuk disimpan. Pembaca bisa mengetahui apa saja riwayat kerusakan sepeda motornya melalui buku atau lembar ini. Lakukan pengecekan apakah terdapat riwayat kerusakan ECU. Ini bisa membantu pembaca untuk mengkonfirmasi kerusakan ECU.

Bukan berarti pembaca tidak perlu memperhatikan kerusakan lainnya. Jika ada kerusakan lain yang terjadi sebelum, bersamaan, atau sesudah kerusakan ECU, ketahui bagian kerusakan itu. Biasanya, ECU yang rusak dipicu kesalahan mengganti lampu motor yang menyebabkan adanya aliran listrik bocor. Pembaca bisa melacak ini dan melakukan komplain ke bengkel jika benar.

2. Melakukan Reset ECU

Cara memperbaiki ECU motor Beat salah satunya adalah dengan melakukan reset ECU. Bukan berarti pembaca harus membongkar sepeda motor dan berurusan dengan banyak kabel maupun macam-macam onderdil. Tanpa melakukan itu, cara ini cukup memerlukan kunci motor Beat pembaca saja. Pastikan motor dalam keadaan siap dinyalakan mesinnya.

Jangan turunkan standar samping. Mesin motor tidak akan menyala sekalipun ECU berhasil direset. Pembaca bisa memposisikan sepeda motor dengan posisi standar tengah. Masukkan kunci motor pada bagian kunci. Putar kunci ke bagian ON lalu kembalikan lagi ke OFF. Lakukan ini berulang kali, minimal 3 kali. Ini akan mengembalikan memori ECU.

3. Mengganti Komponen ECU yang Mengalami Kerusakan

Cara yang bisa pengguna lakukan selanjutnya adalah mengganti komponen ECU yang memang mengalami kerusakan. Amati dan perhatikan apakah ada jalur PCB yang terputus atau rusak. Kalau ada, sudah pasti pengguna harus mengganti komponen ECU yang ada pada motornya.

Apabila pengguna ragu untuk memodifikasi atau bahkan mengganti ECU sendiri di rumah, pengguna bisa membawanya ke bengkel. Jadi, komponen tersebut bisa ditangani dan diganti oleh orang yang memang memahami permasalahannya.

Demikian cara memperbaiki ECU motor Beat beserta langkah-langkahnya. Memang tidak semua orang mengerti hal-hal otomotif, namun memperhatikan ciri-ciri motor bisa membantu pembaca untuk lebih mengerti keadaan sepeda motor pembaca. Motor yang tidak bisa menyala tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Bagikan: