4 Penyebab Motor Mogok dan Solusinya!

4 Penyebab Motor Mogok dan Solusinya!

4 Penyebab Motor Mogok dan Solusinya!Aufaproject46.com Hallo Masbro, Sepede motor tak mau jalan atau mati mendadak merupakan kondisi yang paling menjengkelkan bagi setiap pengendara. Apalagi ketika motor tengah berada di tengah jalan raya yang ramai dan tiba-tiba mesin mati. Setelah itu, motor tak mau lagi dinyalakan.

Hal itu tentu membuat pengendara lain terganggu dan Anda merasa sangat kesal dan bingung terhadap kondisi motor Anda. Dengan kondisi tersebut, aktivitas yang seharusnya lancar menjadi terkendala. Bahkan, bisa mengganggu aktivitas harian Anda.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa sebab yang membuat motor Anda mogok, serta bagaimana mengatasinya.

Mesin Motor Panas (Overheat)

Salah satu faktor yang paling sering membuat kendaraan roda dua menjadi tidak berfungsi yaitu mesin yang overheat. Dimana, mesin menjadi sangat panas sehingga piston dan liner boring macet.

Jika dalam kondisi tersebut Anda tetap memaksakan motor untuk digunakan karena ada berbagai kepentingan, maka akan dapat menyebabkan motor mogok.

4 Penyebab Motor Mogok

Hal yang dapat Anda lakukan jika kondisi itu terjadi yaitu beri jeda motor Anda untuk digunakan, alias mengistirahatkan sementara waktu hingga mesin kembali dingin. Sebaiknya istirahatkan motor setiap 1 jam perjalanan.

Oli Mesin

Oli mesin tak hanya berfungsi untuk mengontrol suhu dalam ruangan mesin, tetapi juga untuk menjaga performa mesin tetap maksimal. Biasanya, motor mogok diakibatkan oleh oli yang lama tidak diganti.

Oleh karena itu, Anda harus mengganti oli mesin secara rutin sesuai ketentuan jarak pemakaian kendaraan. Sebab, jika Anda membiarkan oli mesin terlalu lama tidak diganti, bisa mengakibatkan kerusakan komponen mesin dan bagian lainnya.

Bahan Bakar yang Tak Sesuai

Tak hanya overheat atau oli yang lama tidak diganti, motor Anda mogok juga bisa disebabkan oleh bahan bakar yang tidak sesuai. Tak sedikit orang yang memaksakan bahan bakar murah untuk motornya. Padahal, hal itu dapat merusak mesin kendaraan.

Untuk itu, gunakanlah bahan bakar yang mengandung kadar oktan yang tinggi untuk mencegah motor mogok, seperti pertalite atau pun pertamax. Semakin tinggi kadar oktan yang terkandung di dalam bahan bakar, maka pembakaran akan lebih sempurna.

Filter Motor

Faktor lain yang menyebabkan motor Anda mogok yaitu kotornya penyaringan atau filter udara. Biasanya, pengendara atau pemilik motor malas membersihkan filter sehingga membuat mesin tidak dapat bekerja dengan baik akibat kotoran dan debu yang menempel di dalamnya.

4 Penyebab Motor Mogok

Solusinya, Anda harus rutin membersihkan filter motor dari debu dan kotoran. Dengan begitu, performa mesin akan lebih optimal dan motor tidak mudah mogok. Jika perlu, Anda harus mengganti filter yang baru apabila tidak dapat dibersihkan dengan maksimal.

Itulah beberapa penyebab motor mogok dan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan: