Rekomendasi dan Cara Ganti Oli Motor Beat

Bagi pengguna sepeda motor, pasti menggunakan oli pada sepeda motornya. Oli pada sepeda motor penting dan sangat bermanfaat untuk perawatan motor. Namun, bagaimana cara ganti oli motor beat yang benar? Di bawah ini merupakan rekomendasi dan cara mengganti olinya.

Rekomendasi Oli Motor Beat

Mengganti oli secara rutin sangatlah dianjurkan demi keawetan motor agar tidak cepat rusak. Terlebih jika oli yang digunakan sesuai dengan jenis motor yang dimiliki oleh penggunanya. Bagi pengguna motor Beat, ada beberapa rekomendasi oli yang cocok sekali digunakan untuk motor beat.

Pertama, ada Federal Matic Ecomaxx. Oli ini mempunyai kekentalan yang sesuai dengan yang dibutuhkan mesin motor Honda Beat. Selain itu, oli ini memiliki keunggulan yaitu dapat menjaga mesin motor dari gesekan dan dapat menghemat bahan bakar.

Kedua, ada AHM MPX-2 yang merupakan produk sendiri dari Honda. Oli ini dirancang khusus untuk motor dan sesuai dengan motor matic seperti Beat. Penggunaan oli ini terbilang awet dan dapat menghemat pengeluaran biaya penggantian oli.

Cara Ganti Oli Motor Beat

Di bawah ini adalah cara-cara mengganti oli motor dengan mudah dan benar. Tahapannya cukup mudah sehingga dapat dilakukan sendiri di rumah. Silakan simak ulasannya berikut ini:

1. Siapkan Oli dan Peralatan

Tahap pertama yaitu menyiapkan oli yang baru. Jangan lupa untuk siapkan pula alat-alat yang dibutuhkan untuk menggantinya. Alat-alat tersebut adalah kunci pas atau kunci ring, kunci ini harus sesuai dengan ukuran tutup oli pada bagian bawah motornya. Selain itu ada juga tang, wadah penampung, kain lap dan juga corong.

Tang berfungsi untuk membuka tutup pada oli bagian atas. Wadah penampung berfungsi untuk menampung oli bekas, wadah ini dapat diakali dengan wadah apapun yang sudah tidak terpakai. Lap untuk membersihkan sisa-sisa oli dan corong untuk mempermudah penuangan oli.

2. Letakkan Wadah

Langkah selanjutnya yaitu dengan meletakkan wadah penampung oli. Wadah yang sudah tak terpakai lagi diletakkan di bawah motor tepat di bawah tutup oli bagian bawah. Kemudian, orang yang mengganti oli bisa jongkok untuk membuka tutup olinya.

Jongkoklah di bagian sebelah kiri motor agar mempermudah pekerjaan. Kemudian, masukkan kunci pas ke tutup oli yang bagian bawah dan tekanlah dari arah kanan ke arah kiri. Nantinya tutup oli akan terbuka dan terjatuh.

3. Buka Tutup Oli

Langkah yang ketiga yaitu membuka tutup oli. Dengan menggunakan kunci pas, maka tutup oli akan terbuka. Tutup oli yang sudah terbuka akan jatuh di wadah penampung. Ambil saja tutupnya kemudian bersihkan dengan menggunakan kain lap.

Jangan lupa juga untuk membersihkan komponen lainnya dengan lap. Selain itu jangan lupa juga membersihkan pinggiran di bagian lubang tutup olinya. Dengan membersihkannya, maka dapat menghindari terjadinya seret atau kesulitan saat memasang tutupnya kembali.

Apabila sudah membersihkannya, masukkan kembali tutup oli dengan tangan. Jika dirasa sudah pas dan sesuai, lalu selanutnya kencangkan dengan menggunakan kunci pas. Untuk menutupnya kembali yaitu dengan memutar ke arah yang berlawanan saat membuka.

4. Memastikan Tertutup Kencang

Apabila tutup oli bagian bawah sudah terpasang, selanjutnya adalah memastikan tutup tersebut kencang. Karena jika tidak kencang, khawatir oli baru yang akan dimasukkan akan tumpah ke bawah. Oleh sebab itu, sebelum memasukkan oli yang baru pastikan kembali tutup oli bagian bawahnya sudah kencang.

5. Memasukkan Oli

Langkah terakhir yaitu langsung saja membuka tutup oli bagian atas. Kemudian masukkan oli yang baru ke dalamnya. Membuka tutup oli bagian atas bisa menggunakan tang dengan dilapisi kain agar tidak licin.

Itulah rekomendasi dan cara ganti oli motor Beat dengan mudah. Cara-cara tersebut bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Pilihlah oli yang sesuai dengan jenis motor yang digunakan agar hasilnya optimal.

Bagikan: