Otomotif46.com-Hallo Masbro, Banyak orang yang tidak suka motor matic. Alasannya bermacam-macam.

Ada yang tidak suka karena biaya yang begitu mahal untuk perawatan motor matic. Belum lagi harga sparepart yang juga cukup mahal.
Dan satu lagi.

Ada kesan motor matic itu mudah rusak. Dan ketika terjadi satu kerusakan, maka harus mengganti berbagai sparepart secara bersamaan.
Apakah benar seperti itu?

Tentu saja tidak selalu benar. Tergantung kasus apa kerusakan yang terjadi dan juga apa penyebabnya.
Yang pasti, tidak perlu takut jika kamu ingin beli motor matic. Asalkan kamu tahu bagaimana merawat motor matic, kamu tidak akan harus menguras isi dompet.

Masalah yang Sering Terjadi pada Motor Matic

Setiap produk kendaraan bermotor pasti memiliki risiko. Motor manual memiliki risiko kerusakan sendiri yang mungkin beda dengan motor matic.

Dengan memahami apa saja masalah yang sering terjadi pada motor matic, kamu bisa tahu perawatan seperti apa yang perlu kamu lakukan.

1. Rem Kurang Pakem

Ada yang bilang bagian kanvas rem motor matic itu cepat sekali habis. Dan piringannya pun mudah rusak.
Memang benar jika kanvas rem cepat habis. Hanya saja,

kurang tepat jika piringan rem cakram motor matic itu paling sering rusak.
Kanvas rem memang mudah habis. Pasalnya, ketika turunan, motor menggunakan gigi 0. Sehingga mau tidak mau kamu harus menggunakan 100% rem untuk memperlambat laju.
Sayangnya,

banyak yang tidak memperhatikan hal ini. Kanvas dibiarkan habis hingga akhirnya besi pelapis kanvas terkena piringan cakram. Hingga akhirnya terjadi goresan pada cakram. Itulah yang kemudian membuat rem kurang pakem.
Selain itu,

bisa juga rem kurang pakem disebabkan kotoran pada kanvas dan juga cakram. Perawatan motor matic untuk kasus ini adalah menyemprot sela-sela cakram dengan tekanan air yang besar. Makanya,

sediakan alat pendorong air. Alat ini kamu bisa gunakan untuk menyemprotkan air secara keras sehingga kotoran pada sela cakram bisa benar-benar dibersihkan.

2. Gas Molor

Kabarnya, motor matic yang sudah berumur itu pasti punya masalah yang satu ini. Gas kurang resposif. Gas molor.
Sebenarnya ini bisa dengan mudah diatasi.

Untuk mencegah gas molor, setiap kali moror kamu cuci, pastikan filter udara juga kamu bersihkan. Kotoran berupa debu pada filter udara ini yang sering membuat gas molor.

3. Mesin Cepat Panas

Tentu sangat mengkhawatirkan jika ternyata mesin panas begitu cepat. Jika ini kamu biarkan, bisa saja terjadi masalah yang lebih parah lagi.
Jika kamu merasa mesin cepat panas,

lumasi piston dengan menggunakan oli yang masih baru. Bisa saja ada sumbatan pada piston sehingga menyebabkan mesin cepat panas.
Caranya, buka busi motor kamu. Lalu, masukkan oli melalui lubang busi tersebut. Mudah, bukan?

Hal Sepele Tapi Penting untuk Merawat Motor Matic

Selain perawatan motor matic di atas, kamu juga perlu memperhatikan hal sepele lainnya. Misalnya saja kamu harus panaskan mesin di pagi hari dengan cara menghidupkan motor dengan kick starter.

Selain itu, cek setidakya satu kali dalam satu minggu kondisi busi. Apalagi saat musim hujan tiba. Sering kali busi terkena air dan kotoran.

Ini membuat busi tidak berfungsi dengan baik. Bisa saja motor kamu tiba-tiba tidak bisa dihidupkan.
Setelah tahu bagaimana cara perawatan motor matic tersebut, masih ragu untuk beli motor matic?

Accessories Motor Murah & Berkualitas!
2020 (C) Accessories Motor Aufa Project
Harga diskon untuk Anda pengunjung blog Aufa Project ! Spakboard depan, winshield, cover lampu, cover radiator dan banyak accessories motor lainnya.
Yuk, modif motor Anda menjadi keren bersama Aufa Project !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here