7 Jenis Motor Trail Yang Asik dan Seru untuk Berpetualang

Saat ini motor trail tidak hanya digunakan untuk ajang balap saja. Namun, banyak orang yang menggunakan motor trail untuk berpetualang. Apalagi jika berpetualang di alam bebas. Lantas, jenis motor trail apa saja yang cocok digunakan berpetualang? Dalam tulisan ini akan mengulas beberapa jenis motor tersebut, yang bagus dijadikan referensi.

Selain dapat digunakan untuk teman petualang, motor trail juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Body yang ramping dan mudah digunakan di medan manapun merupakan kelebihan motor ini. Selain itu, mesin motor trail juga memiliki daya tahan atau durability yang bagus. Berikut jenis-jenis motor trail yang cocok untuk petualang atau untuk aktivitas sehari-hari:

1. Motor Trail Dual-Sport

Trail dual-sport ini adalah jenis motor trail yang direkomendasikan pertama. Motor ini dilengkapi dengan keamanan serta keselamatan dalam berkendara. Instrument keamanan dan kelengkapan tersebut antara lain klakson, lampu sein, spion, knalpot dengan emisi yang teruji dan lain sebagainya. Motor dual sport ini sangat pas dipakai di medan yang susah karena trail dual-sport ini bisa meredam getaran atau gelombang.

2. Motor Trail Enduro

Jenis motor ini kebanyakan memiliki transmisi hingga 6-percepatan. Selain itu juga terdapat pacul dan kembang yang cukup besar. Motor jenis ini sangat cocok digunakan di tempat khusus medan trail. Sangat tidak dianjurkan digunakan di jalan raya karena tidak dilengkapi instrument keamanan misalnya lampu sein dan spion.

3. Motor Trail Motocross

Jenis motor ini lebih ekstrim daripada trail endure karena instrument kelengkapan tidak ada di sini. Motor jenis ini biasa ditemui di ajang balapan atau sebuah kompetisi dan jarang ditemui di jalan raya. Walaupun begitu, jenis motor trail ini dilengkapi dengan kekuatan yang powerful.

4. Motor Trail Adventure-tourer

Jenis motor ini sangat cocok dipakai untuk petualang atau touring. Kapasitas tangki pada motor ini cukup banyak untuk menampung bahan bakar. Mesin motor ini juga dirancang untuk melewati medan yang curam dan terjal. Selain itu, motor ini juga dapat dipercaya untuk melewati medan yang berlumpur. Bagaimana? Tertarik mencobanya?

5. KTM 500 XCF-W

Motor jenis ini merupakan salah satu keluaran KTM, dimana pabrikan ini sudah sangat terkenal mengeluarkan motor trail yang handal. KTM 500 XCF-W ini berhasil menjadi penerus seri 500 dual sport, tetapi motor ini sudah bisa digunakan di jalan umum. Hal tersebut karena jenis motor ini telah memenuhi syarat federal negara.

6. Honda CRF450RX

Berbeda dengan motocross CRF 450, jenis motor ini mempunyai suspensi yang cukup lembut dan ringan. Motor ini juga memiliki volume tampungan bahan bakar yang cukup banyak yakni kurang lebih 2,2 galon. Selain itu juga dilengkapi dengan skid plate, 18 inch roda belakang, kickstand dan lain sebagainya.

7. Kawasaki KLX300R

Seperti motor trail lain, motor Kawasaki ini juga dilengkapi dengan instrument-instrumen penting sehingga cocok digunakan untuk touring. Instrumen tersebut misalnya, kamera overhead ganda, gearbox dan masih banyak lagi. Bahan bakar yang dipakai di motor KLX300R ini adalah injeksi dan tentunya sudah memenuhi peraturan offroad EPA. Harga yang ditawarkan motor ini juga terjangkau.

Itulah 7 rekomendasi jenis motor trail yang bisa digunakan untuk referensi. Selain jenis-jenis motor di atas, masih banyak lagi motor trail yang juga tidak kalah menarik. Sebelum membeli motor trail, sebaiknya mencari referensi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Jika masih bingung bisa ditanyakan kepada orang-orang yang tau mengenai jenis motor ini.

 

Bagikan: