7 Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor dengan Bahan-bahan Sederhana

Bukan sekedar digunakan, komponen hingga bodi motor juga harus dirawat agar dapat bertahan lama tanpa mengalami kerusakan. Salah satu persoalan yang sering muncul dalam body motor adalah munculnya karat pada komponen dengan material besi. Cara menghilangkan karat pada besi motor tentu saja mudah dilakukan berkat bantuan beberapa bahan lain.

Walaupun karat dapat dicegah, kemunculan karat ini tidak bisa dihindari sehingga perlu segera dibersihkan. Adapun karat yang muncul pada besi motor bisa disebabkan oleh banyak hal seperti terkena hujan dan tidak langsung mencucinya. Berikut berbagai cara yang bisa digunakan untuk menghempas karat bandel yang menempel pada besi motor:

1. Manfaatkan Bensin untuk Menghilangkan Noda Karat

Tanpa harus mengeluarkan modal besar, karat dapat dihilangkan dengan memanfaatkan cairan yang sejatinya selalu ada pada motor yakni bensin. Bahan bakar bensin yang dapat digunakan adalah bensin yang memiliki nilai oktan 92 serta solar. Campurkan kedua cairan tersebut dengan perbandingan 1:2. Jika sudah tercampur, oleskan pada besi motor yang berkarat dan gosok dengan sikat.

2. Gunakan Pasta Gigi Agar Noda Karat Hilang

Walaupun terdengar aneh, nyatanya pasta gigi dapat membantu menghilangkan karat yang membandel pada besi. Caranya pun tidaklah sulit yakni pengguna hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada komponen besi motor. Tunggu hingga beberapa saat hingga pasta gigi mulai mengering. Gunakan kain lap untuk menggosok pasta gigi tadi dan ulangi gosokan hingga semua karat menghilang.

3. Manfaatkan Cairan Stempet

Bagi yang memahami dunia otomotif khususnya mesin motor, stempet bukanlah hal yang asing. Stempet sendiri adalah cairan yang kental layaknya gel dengan sifat yang licin. Dengan teksturnya yang lengket, stempet dapat menarik karat pada besi dengan mudah. Cukup oleskan stempet pada besi motor yang berkarat. Hindari menggunakan stempet pada bagian rantai agar tidak mudah rusak.

4. Gunakan Baking Soda

Tanpa banyak diketahui, baking soda memiliki berbagai bahan aktif yang mampu menghilangkan noda salah satunya karat. Cukup campurkan baking soda dan air seperlunya lalu oleskan pada besi motor yang berkarat. Cara menghilangkan karat pada besi motor berbahan baking soda ini perlu dilakukan penggosokan berkali-kali hingga noda karat menghilang.

5. Manfaatkan Bahan Dapur Yakni Cuka

Selain baking soda, bahan dapur lain yang dapat digunakan untuk menghempas karat pada besi motor adalah cuka. Cairan asam yang dapat digunakan ini bisa cuka putih ataupun cuka apel. Cukup rendam komponen berkarat dalam cairan cuka selama semalaman lalu sikat agar karatnya luntur. Cuka efektif digunakan pada komponen yang kecil seperti baut karena perlunya direndam.

6. Simpan Oli Bekas untuk Membersihkan Karat

Siapa bilang oli bekas pakai tidak lagi berguna? Nyatanya, pengguna dapat membersihkan karat besi bermodalkan cairan pelumas ini. Oli bekas sering digunakan di bengkel-bengkel untuk memudarkan noda karat pada komponen mesin. Gosokkan oli bekas pada komponen berkarat dan sikat hingga bersih. Pada karat yang tebal, oli dapat didiamkan terlebih dahulu agar lebih mudah dibersihkan.

7. Manfaatkan Minuman Cola untuk Membersihkan Karat

Cairan bersoda bukan hanya menyegarkan namun dapat juga membantu membersihkan karat pada besi. Caranya, basahi bagian yang berkarat dengan air cola lalu biarkan sebentar sebelum digosok. Komponen yang dapat dicopot bisa direndam beberapa saat agar noda karat dapat dihilangkan dengan maksimal.

Itu tadi berbagai cara menghilangkan karat pada besi motor berbahan benda-benda yang ada di sekitar. Tanpa perlu modal mahal, motor dapat menjadi lebih bersih dan terawat. Baiknya melakukan pencegahan timbulnya karat setelah karat dibersihkan agar tidak perlu terus-menerus membersihkan noda karat.

 

Bagikan: