6 Cara Mengganti Filter AC Mobil – Tak sedikit orang yang mengabaikan filter AC mobil yang kotor. Padahal, kondisi filter AC yang tidak bersih bisa memberikan dampak cukup serius bagi kesehatan akibat udara kotor yang dihasilkan. Ada banyak bakteri yang bersarang dalam filter AC mobil yang kotor.

Agar dapat menghindari beragam penyakit akibat kotornya filter AC mobil, Anda sebaiknya mulai rajin untuk mengganti komponen tersebut. Anda juga bisa mengganti sendiri tanpa menggunakan jasa servis AC mobil.

Adapun langkah yang harus Anda lakukan untuk mengganti komponen tersebut adalah sebagai berikut:

Buka Laci di Bagian Dashboard

Terlebih dahulu, bukalah laci di bagian dashboard agar proses pembongkaran AC mobil lebih mudah. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati, sebab bagian laci didesain sangat dekat dengan AC. Jangan lupa untuk memilah barang yang sesuai disimpan di laci tersebut.

Kondisi Laci Sudah Terlepas

Untuk mengganti filter AC mobil, setelah membuka laci maka perhatikan semua bagian di dalamnya. Di sana terdapat bagian penutup filter AC mobil yang tertulis tanda UP.

Buka penutup tersebut dengan cara menekan penutup dan menggeser bagian lock ke kanan. Setelah itu, penutup akan terbuka secara otomatis.

Ambil Bagian Filter AC

Biasanya filter AC mobil berbentuk kotak tipis dan terbuat dari fiber untuk menyaring udara. Apabila telah menemukan bagian tersebut, ambil filter AC secara perlahan untuk menghindari kerusakan. Sebab, bahan filter AC terbuat dari serat fiber serupa tisu atau kertas, tetapi lebih kaku dan tebal.

Anda harus mengganti komponen ini setelah pemakaian selama 3 hingga 6 bulan. Sebab, filter AC tidak bisa dibersihkan.

Lakukan Pengelapan Secara Menyeluruh

Agar debu dan kotoran terangkat secara maksimal, lap seluruh area dengan kanebo lembab (tidak terlalu basah) setelah Anda membersihkan komponen tersebut, baik dengan kompresor maupun menggunakan kuas.

Pengelapan menyeluruh dilakukan agar saat mengganti filter AC mobil, sisa debu yang mungkin kembali menempel kembali di permukaan filter bisa terangkat.

Proses Pemasangan Kembali

Lakukan pemasangan filter AC mobil dengan benar seperti semula. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan terhadap komponen AC mobil. Selain itu, AC mobil juga akan berfungsi secara maksimal.

Lakukan Perawatan Rutin Secara Mandiri

Ulangi secara rutin langkah-langkah di atas mulai dari awal hingga akhir, minimal satu kali dalam sebulan. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawa ke tempat servis AC mobil.

Sirkulasi udara yang bersih di dalam mobil akan menambah kenyamanan selama berkendara. Selain itu, kesehatan keluarga Anda juga akan lebih terjaga karena menghirup udara yang bersih dan segar.

Demikianlah cara-cara yang perlu Anda lakukan apabila ingin mengganti filter AC mobil sendiri. Semoga bermanfaat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here