6 Cara Membuka Kunci Motor yang Tertutup dengan Ampuh

Kunci motor merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan bermotor karena alat tersebut berfungsi untuk menghidupkan dan menjalankan motor. Namun, bagaimana bila kunci motor tidak bisa dibuka? Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara membuka kunci motor yang tertutup bisa dilakukan dan diterapkan dengan ampuh.

Jika memiliki kunci cadangan, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, tidak semua orang memiliki kunci cadangan. Kunci motor yang tertutup bisa disebabkan karena magnet kunci motor rusak. Masalah kunci motor bukan hanya membuat kesal, tapi juga dapat menghambat aktivitas Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuka kunci motor yang tertutup:

1. Putar Bagian Rumah Kunci

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuka kunci motor yang tertutup adalah dengan memutar bagian rumah kunci. Caranya anak kunci yang berkombinasi kutub U dan kutub S. Kutub magnet ini memang kerap mengalami kerusakan. Biasanya masalah kunci motor ini disebabkan karena pemakaiannya tidak tepat. Hal ini tentunya menyebabkan masalah saat membuka kunci.

2. Mengganti Magnet

Jika kunci tidak bisa dibuka karena magnetnya bermasalah, maka solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti magnet. Terlalu sering menggunakan magnet kunci membuat fungsi magnet perlahan akan menurun. Sehingga, pemilik kendaraan bermotor bisa mengganti magnet agar magnet dapat berfungsi seperti semula.

3. Memangkas Ujung Kunci Kontak

Pengguna juga bisa memangkas ujung kunci kontak untuk mengatasi kunci motor yang tertutup. Untuk melakukannya adalah dengan memangkas ujung secure key shutter atau yang disebut SKS menggunakan kikir atau kertas gosok. Pertama, gosok kikir yang berada di ujung SKS perlahan-lahan.

Selanjutnya, pengguna dapat mengurangi bagian ujung yang berbahan plastik. Ujungnya bisa dikurangi dengan ukuran 0,1 mm. Kemudian, digosok dan ujung yang digosok tersebut dilapisi memakai lem. Cara tersebut dilakukan agar kontak yang ada dalam magnet tidak gampang lepas dan SKS bisa dapat digunakan kembali.

4. Mengganti Seperangkat SKS

Cara membuka kunci motor yang tertutup juga dapat dilakukan dengan mengganti seperangkat sistem kuncinya. Sistem kunci diganti juga untuk melindungi keamanan motor dengan maraknya kejahatan seperti sekarang.

Seperangkat SKS (Secure Key Shutter) dapat diganti di tempat perbaikan atau bengkel langsung agar masalah tersebut diperbaiki oleh ahlinya. Untuk menggantinya tidak boleh dilakukan asal-asalan dan bisa membahayakan motor jika tidak ditangani ahli otomotif yang mengetahui dasar-dasar dalam memperbaiki motor.

5. Mencari Penyebab Kunci Macet

Kunci motor yang macet memang sangat mengesalkan dan membuat aktivitas terhambat. Untuk mengatasi kunci motor yang macet, maka penyebabnya harus ditemukan terlebih dahulu. Penyebab masalahnya adalah biasanya terdapat pada anak kunci dan juga komponen magnet. Jika penyebabnya sudah diketahui, maka solusi atas masalah kunci motor tersebut dapat diatasi.

6. Membongkar Kunci Kontak

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan dan dicoba adalah dengan membongkar kunci kontak. Untuk membongkarnya, cover dapat dilepas dahulu untuk menutup rumah kunci. Selanjutnya, cover bisa dibuka, lalu  pilih tetap memakai kunci lama atau mengganti menggunakan kunci yang baru.

Perlu diketahui bahwa kunci memiliki dua bagian yakni rumah kunci dan kunci pengaman. Rumah kunci berfungsi untuk memasukkan kunci motor. Lalu, pengguna dapat menentukan untuk membuang pengamannya atau tutup pengamannya yang dibuang. Sesuaikan masalah tersebut dengan kebutuhan. Cara ini bisa menyelamatkan kendaraan bermotor yang kuncinya tertutup.

Itulah cara membuka kunci motor yang  tertutup yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah pada kunci motor. Solusi ini sangat penting mengingat kunci motor adalah komponen penting untuk menghidupkan dan menjalankan motor.

Bagikan: