4 Langkah Mudah Perbaiki Aki Basah Mobil. Jika aki rusak maka mobil tidak akan bisa berjalan. Aki merupakan sumber listrik utama pada mobil. Sering karena kesibukan aki tidak terkontrol.

Hal ini bisa menyebabkan kebakaran tidak bisa dinyalakan atau berhenti di tengah jalan. Jika hal ini terjadi pada anda maka jangan panik. Lakukan empat langkah ini untuk memperbaiki aki mobil.

  • Persiapan alat

Untuk melakukan perbaikan aki mobil jenis basah, ada beberapa peralatan yang harus anda persiapkan. Agar proses perbaikan bisa berjalan lancar dan aki mobil bisa nyala kembali. Biasakan menyimpan air aki cadangan di mobil.

Air aki yang mengandung asam sulfat elektronik adalah komponen utama untuk memperbaiki aki basah yang tidak bisa dinyalakan. Air aki berfungsi untuk mengantarkan energi listrik dari elektroda.

4 Langkah Mudah Perbaiki Aki Basah Mobil
4 Langkah Mudah Perbaiki Aki Basah Mobil

Selain itu siapkan juga beberapa peralatan lainnya  seperti sarung tangan, obeng, air panas, air keran biasa, corong kecil serta masker. Setelah semua peralatan lengkap, kini anda siap memperbaikinya.

  • Buang air aki yang lama

Tahap berikutnya dalam Perbaiki Aki Basah Mobil anda harus membuang air aki yang ada pad aki saat ini. Caranya dengan membuka tutup lubang aki yang ada di bagian atas,  buka menggunakan alat yang tersedia jangan memaksa karena bisa menyebabkan kerusakan.

Jika lubang sudah terbuka semuanya, balikkan aki. Biarkan air aki yang ada di dalamnya terbuang ke seluruhnya. Hati-hati saat membuang cairan jangan sampai mengenai kulit atau bagian tubuh lainnya, karena bisa menimbulkan luka.

Jika tida sengaja anda terkena cairan aki   segera cuci di bawah air mengalir sampai rasa panas hilang. Jika memungkinkan kompres menggunakan es agar tidak melepuh dan menimbulkan cedera pada kulit.

  • Bersihkan aki

Anda harus membersihkan aki sebelum mengisi kembali air aki yang kosong. Bersihkan dengan cara masukkan air panas yang telah disiapkan tadi, lalukan perlahan agar tidak mengenai tangan.

Kocok-kocok aki yang telah diisi air panas. Setelah dirasakan cukup bersih buang air panas tadi, masukkan kembali air keran biasa, lalu ulangi langkah yang sama. Ulangi tahapan ini beberapa kali, hingga aki bersih.

  • Isi air aki baru

Langkah terakhir yang anda lakukan untuk Perbaiki Aki Basah Mobil adalah mengisi ulang air aki yang baru. Sebelumnya pastikan tidak air di dalam aki yang tersisa. Karena akan mengganggu kualitas air aki yang baru.

Setelah air terisi penuh, pasang kembali penutup aki yang tadi dilepas. Pasang dengan baik agar air aki tidak tumpah. Lalu pasang kembali aki pada tempatnya, kini nyalakan mobil melalui stok kontak.

Mobil sudah bis bergerak dengan lancar kembali. Agar tidak perlu melakukan Perbaiki Aki Basah Mobil lalukan pemeliharaan rutin pada kendaraan,  termasuk pengontrolan aki. Mobil siap digunakan kapan saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here