3 Saja Fungsi Karburator Motor dan Jenisnya, Wajib Tahu

Pada motor karburator bertugas untuk memberikan tenaga untuk motor agar dapat digunakan berkendara. Komponen pendukung fungsi karburator motor yang ada dalam karburator terdiri dari jarum dan pelampung lalu ada main, needle dan pilot jet kemudian katup gas serta masih banyak lagi. Jenis karburator dilihat dari bentuk venturi ada tiga yaitu karburator venturi berubah-ubah,  venturi tetap dan kecepatan konstan.

Fungsi Karburator

Penciptaan karburator disusun dari elemen-elemen dimana saat digabungkan akan menunjukkan bagaimana kinerja dari fungsi karburator motor. Mari ketahui apa saja fungsi karburator yaitu :

1. Keluar Masuknya Udara

Dalam produksi setiap karburator selalu terdapat venturi yang menjadi celah keluar masuknya udara. Bagian dalam karburator membutuhkan udara yang akan dicampur dengan bahan bakar oleh karburator. Venturi juga membantu agar dapat mengatur peningkatan kevakuman udara di dalam karburator.

2. Memproses Bahan Bakar

Selanjutnya fungsi karburator adalah melakukan proses pencampuran bahan bakar sesuai dengan takaran dan perbandingan yang benar. Bahan bakar yang disalurkan sudah pas sesuai  komposisi. Kemudian bahan bakar akan dilanjutkan untuk diproses di intake lalu akan dicampurkan dengan udara agar bercampur menjadi satu. Cairan yang sudah menjadi hasil pencampuran bahan bakar dan udara secara otomatis sudah diatur beberapa jumlah kapasitas yang akan masuk dalam satu kali proses di ruang pembakaran.

3. Tempat Sementara Untuk Bahan Bakar

Fungsi karburator salah satunya digunakan sebagai wadah sementara penampungan bahan bakar. Pengendapan bahan bakar dilakukan sampai ada udara yang tersimpan dalam karburator. Sekaligus yang akan melakukan pengaturan sehingga bahan bakar yang masuk ke dalam karburator jumlahnya sudah sesuai dengan kebutuhan. Akan ada pengaturan otomatis yang memerintahkan menutup menutup langsung saat bahan bakar sudah full kapasitasnya.

Jenis-Jenis Karburator

Jenis karburator tergantung dari segi mana melihatnya seperti berdasarkan venturi, katup gas dan lain-lain. Simak penjelasan jenis karburator berdasarkan katup gasnya yaitu :

1. PE

PE adalah salah satu jenis karburator yang memaksimalkan  fungsi  karburator motor dalam segi kecepatan namun tetap menjaga agar bahan bakar awet. Jenis karburator ini akan menjadikan pengaturan menjadi mudah dan tarikan seperti baru. Motor bebek dan motor balap drag sudah menggunakan karburator jenis ini. Tersedia beberapa seperti dua puluh empat, tiga puluh delapan dan dua puluh delapan.

2. PWL

Setelah PE, karburator yang dapat memaksimalkan fungsi karburator motor dalam segi kecepatan selanjutnya adalah PWL. Kendaraan road race dan motocross menggunakan jenis karburator PWL karena dari putarannya baik. Hanya saja PWL termasuk karburator yang tidak hemat bahan bakar meskipun memiliki kecepatan tinggi.

3. PJ

Sama halnya dengan karburator PE, PJ juga karburator yang mudah menghabiskan bahan bakar pada motor. Kelebihan PJ dibandingkan PE mempunyai lintasan kabut yang lebih cepat. Motor yang biasanya pakai karburator ini adalah motor  2 tak.

4. TM dan TMX

Dua karburator ini sama-sama memiliki fungsi yang penting pada proses karburator. TM memiliki kualitas yang lebih baik daripada PE  sehingga udara dapat memasuki karburator secara cepat. TMX akan membantu memudahkan akselerasi dan meratakan powerband pada RPM.

Itulah penjelasan tentang fungsi karburator motor dan beberapa hal terkait yang dapat dijadikan pengetahuan sebelum membeli karburator. Belilah karburator yang sudah disesuaikan dengan jenis/merek motor. Rawatlah karburator motor dengan baik karena dapat menjadi penyebab kerusakan parah pada motor. Lakukan pemeriksaan rutin motor secara keseluruhan di bengkel untuk memastikan kondisi semua komponen motor baik termasuk kondisi karburator.

 

Bagikan: