Simak Ulasan Beberapa Fungsi Carbon Cleaner

Yamalube carbon cleaner atau yang sering dikenal dengan carbon cleaner adalah beberapa bahan-bahan yang dicampurkan menjadi satu. Tujuan pencampuran bahan-bahan tersebut tidak lain untuk membersihkan sisa karbon di ruang bakar sepeda motor. Ini menunjukkan bahwa fungsi carbon cleaner sangat diperlukan untuk ruang bakar karena menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh untuk kinerja motor.

Cara Memakai Carbon Cleaner

Ada beberapa langkah-langkah penggunaan carbon cleaner pada tangki bahan bakar. Simak ulasan berikut ini tentang cara menggunakan carbon cleaner yaitu :

1. Ketahui Jenis Motor

Penting mengetahui jenis motor untuk memaksimalkan fungsi carbon cleaner. Hal ini karena pemakaian takaran carbon cleaner setiap motor berbeda-beda alias tidak bisa disamakan. Misalnya untuk motor biasa bisa menghabiskan 1 botol carbon cleaner sedangkan motor sport bisa menghabiskan 2 botol carbon cleaner.

2. Isi Bensin Secara Penuh

Pengisian bensin harus diisi penuh setelah menggunakan carbon cleaner pada tangki bahan bakar. Saat inilah fungsi carbon cleaner akan bekerja sesuai dengan berapa liter bensin yang diisikan karena tentunya kapasitas tangki setiap tipe motor berbeda-beda. Biasanya untuk satu botol carbon cleaner akan bekerja pada tiga sampai lima liter bensin.

3. Pakai Carbon Cleaner Secara Berkala

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari carbon cleaner maka harus dipakai secara berkala. Pemakaian berkala ini bertujuan agar sisa-sisa karbon di tangki tidak ada sehingga tidak menimbulkan dampak lain yang tidak diinginkan. Pada jarak 3000 km biasanya pembersihan sisa-sisa karbon dengan carbon cleaner baru akan bekerja secara maksimal. Sedangkan jika berada dibawah jarak tersebut ada kemungkinan tersisa sedikit karbon dengan persentase sedikit.

4. Mengetahui Apa Saja Yang Bisa Dibersihkan Dengan Carbon Cleaner

Sebelum menggunakan carbon cleaner pengguna harus tahu mesin apa saja yang dapat dibersihkan dengan carbon cleaner. Fungsi pemakai carbon cleaner akan terlihat jika digunakan atau dipakai pada mesin yang tepat. Seperti saat digunakan pada mesin 4 langkah (karburator dan injeksi).

Fungsi Carbon Cleaner

Carbon Cleaner memiliki banyak fungsi ketika digunakan untuk motor. Simak ulasan beberapa fungsi carbon cleaner untuk motor yaitu :

1. Berguna Untuk Mesin

Salah satu fungsi carbon cleaner yaitu menjaga mesin untuk terus bekerja dengan baik. Mesin yang sering digunakan setelah memakai carbon cleaner akan terasa seperti menggunakan motor dengan mesin yang baru dibeli. Tenaga mesin juga akan terjaga dengan baik sehingga akan bekerja seperti saat baru ketika digunakan berkendara.

2. Meminimalkan Kandungan Gas Emisi Yang Terbuang

Motor saat digunakan tentu akan menimbulkan adanya gas emisi buang. Gas ini tentu tidak baik jika dihirup dan bisa menimbulkan polusi udara. Hal inilah yang membuat pemakaian carbon cleaner sangat dianjurkan apalagi digunakan secara berkala. Kandungan gas emisi buang akan diminimalkan seminimal mungkin sehingga tidak akan menimbulkan polusi atau gangguan pada kesehatan.

3. Mengatasi Endapan Karbon Pada Tangki Bahan Bakar

Di tangki bahan bakar tentu akan ada endapan karbon setelah digunakan untuk berkendara. Endapan-endapan karbon di bahan bakar akan dibersihkan oleh carbon cleaner setelah dipakai. Keunggulan carbon cleaner lainnya setelah membersihkan sisa-sisa endapan karbon maka tangki bahan bakar akan dilapisi dan dilindungi dari endapan karbon.

Itulah beberapa penjelasan mengenai fungsi carbon cleaner dan cara menggunakannya yang dapat dijadikan pedoman sebelum menggunakannya. Memang carbon cleaner sangat bermanfaat untuk kinerja motor tapi tetap harus memperhatikan kebersihan motor. Rawatlah motor dengan baik dan secara berkala tetap dicek di bengkel untuk memastikan kondisi motor selalu prima.

 

Bagikan: