3 Daftar Ampere Aki Motor Wajib Diketahui Agar Motor Awet

Memilih ampere aki tentu tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi performa dari motor yang dikendarainya. Pilihlah ampere aki yang sesuai dengan spesifikasi dari kendaraannya. Cara mengecek ampere ini biasanya terlihat pada bagian akinya dengan simbol satuan Ah. Pengguna yang tidak ingin salah pilih, berikut adalah daftar ampere aki motor yang wajib dipahami:

Daftar Ampere Aki Motor Terpercaya

Banyak sekali daftar ampere aki yang bisa digunakan mulai yang memiliki daya yang paling kecil sampai yang paling besar. Pengendara motor pun dapat menentukan sendiri besarnya ampere yang disesuaikan pada kapasitas dari motornya. Ulasan mengenai daftar ampere aki dari yang terkecil hingga terbesar layak untuk disimak.

1. Dua Ampere

Satuan yang dimiliki oleh ampere motor ini adalah Ah atau singkatan dari ampere hour. Arti dari satuan tersebut adalah berapa aliran listrik maksimal yang bisa dialirkan ke seluruh komponen motor dalam jangka waktu 1 jam. Dua ampere merupakan aliran yang paling kecil untuk ukuran motor namun cukup jika digunakan untuk menghidupkan komponen yang menggunakan listrik pada motor tersebut.

Motor yang masih dalam kriteria standar atau tidak memiliki modifikasi apapun masih aman jika menggunakan aki 2 ampere karena dianggap cukup untuk menghidupkan stater motor, lampu, klakson, dan komponen yang lainnya. Pengendara motor pun tidak perlu khawatir karena kapasitas ampere yang kecil pun tidak akan membuat kesusahan.

2. Empat Ampere

Kapasitas 4 ampere sudah cukup besar untuk ukuran motor. Motor yang sudah dimodifikasi pun dapat menggunakan 4 ampere ini untuk menunjang performanya. Tegangan listrik yang akan dialirkan setiap jamnya dirasa cukup untuk menghidupkan komponen listrik tambahan untuk modifikasi motor tersebut.

Apabila pengguna motor ingin menambah kapasitas ampere akinya, maka tidak boleh asal menambahkan saja karena nanti akan membuat lama pengisian akinya. Batas maksimal boleh menambah aki adalah 10-15 % saja. Logikanya jika 4 ampere, maka menambahkan hingga totalnya 6 ampere tidak masalah.

5. Delapan Ampere

Melihat angkanya saja sudah dapat diketahui bahwa 8 ampere merupakan kapasitas yang besar sekali. Wajar jika performa komponen yang berhubungan dengan listrik semakin gahar. Apabila daftar ampere aki motor ini sudah terpenuhi, maka tidak perlu menaikkan ampere-nya karena sudah sangat cukup sekali.

Perawatan Pada Aki Agar Motor Awet

Memiliki sebuah motor tentu harus dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan yang parah. Apabila aki yang bermasalah, maka motor tidak akan berfungsi seperti sedia kala. Mengganti aki juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga alangkah lebih baik jika melakukan pencegahan sejak dini.

Pengguna motor diharapkan untuk tidak menambahi aksesoris yang memiliki daya listrik tinggi karena akan boros pemakaian akinya. Gunakanlah lampu yang standar dan klakson yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Penambahan lampu yang berwarna juga tidak perlu dilakukan karena dianggap terlalu berlebihan dan tidak ada manfaatnya sama sekali.

Perawatan lain yang perlu diperhatikan adalah dengan memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum motor digunakan. Cukup 8 hingga 10 menit saja sudah cukup untuk memanaskan mesin agar terhindari dari masalah aki yang kering. Pengguna yang langsung menjalankan motor tanpa memanaskannya terlebih dahulu tidak baik untuk kondisi aki karena akan cepat rusak.

Informasi mengenai daftar ampere aki motor dan cara perawatan aki tersebut bisa dijadikan sebagai pegangan dalam merawat motor. Pilihlah aki yang sesuai dengan kapasitas dari motornya dengan melihat buku panduan dari motor tersebut. Perawatan aki juga sebaiknya tidak ditinggalkan begitu saja agar lebih tahan lama.

 

Bagikan: