Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

admin

Cara Memperbaiki Flasher Motor yang Rusak

Prinsip Kerja Motor Listrik yang Paling Utama

Otoriders.com – Hallo sobat otomotif, Prinsip kerja dasar dari sebuah motor listrik adalah penerapan hukum Faraday, yang menyatakan bahwa jika arus listrik melewati sebuah medan magnet, akan menghasilkan gaya putar (torque) pada sebuah poros.

Ada dua jenis motor listrik yang paling umum digunakan, yaitu motor arus searah (DC motor) dan motor arus bolak-balik (AC motor).

Motor arus searah (DC motor) adalah motor yang menggunakan arus DC sebagai sumber daya listriknya. Prinsip kerja dari DC motor ini adalah bahwa jika arus listrik melewati rotor (bagian yang berputar) yang berada di dalam medan magnet stator (bagian yang tidak berputar), maka akan menghasilkan gaya putar pada rotor.

Motor Listrik yang Paling Utama

Sedangkan Motor arus bolak-balik (AC motor) menggunakan arus bolak-balik sebagai sumber daya listriknya. Ada dua jenis dari AC motor yaitu Induction motor dan Synchronous motor.

Prinsip kerja Induction motor adalah dengan cara menginduksi arus pada rotor melalui medan magnet stator. Sedangkan prinsip kerja Synchronous motor adalah dengan cara mengatur rotor untuk berputar dengan kecepatan yang sama dengan frekuensi sistem.

Secara umum, prinsip kerja dasar dari motor listrik adalah memanfaatkan interaksi antara medan magnet dan arus listrik untuk menghasilkan gaya putar yang dapat digunakan untuk menggerakkan sebuah peralatan atau mesin.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Baca Juga :   Legenda MotoGP: Kisah Inspiratif Pembalap Paling Banyak Juara di Dunia

Artikel Terkait

Bagikan: