Peluncuran Motor Sport Yamaha YZF-R7

Otoriders.com – Pabrikan sepeda motor Jepang Yamaha telah mengonfirmasi akan meluncurkan motorsport terbarunya pada 18 Mei 2021. Diduga kuat garpu tala akan meluncurkan Yamaha YZF-R7 yang merupakan penerus dari motor YZF-R6 yang resmi stop produksi pada tahun 2020.

Meski belum resmi dirilis, bocoran motor sport Yamaha R7 ini sudah ramai di dunia maya. Produsen garpu tala sendiri telah merilis video trailernya di laman Youtube resmi Yamaha Eropa.

Motor Sport Yamaha YZF-R7

Akun Youtube Yamaha Motor Europe menulis: “Dunia R sudah dalam jangkauan, 18/2/2021”

Dalam video tersebut terlihat wajah-wajah motor fairing lengkap yang mirip dengan Yamaha R15 dan R25. Kuncinya ada lubang di tengah wajah. Hanya pada Yamaha YZF-R7, posisi lampunya sedikit berbeda.

Peluncuran Motor Sport Yamaha YZF-R7

Di dalam lubang itu ada lampu utama. Lalu di kiri dan kanan, ada lampu mengemudi siang hari. Agak aneh sih, karena motor sport biasanya menggunakan lubang ini sebagai tempat air ram atau udara dingin langsung masuk ke mesin.

Kemudian tampilan motor sport Yamaha YZF-R7 ini muncul dalam bentuk knalpot yang berada di sebelah kanan, tapi ukurannya tidak terlalu panjang. Itu juga tidak menggunakan model perut atau di bawah mesin.

Kemudian, menarik untuk menggunakan mesin dua silinder yang dimodifikasi sesuai MT-07. Sedikit unik karena kebanyakan motor sport fairing di kategori ini menggunakan mesin empat silinder.

Ambil contoh Honda CBR600R dan Kawasaki Ninja ZX-6R. Kedua pesaing R7 mengandalkan mesin empat silinder yang lebih baik karena suaranya lebih enak didengar dan tenaga maksimal saat bagian atas diputar lebih stabil.

Peluncuran Motor Sport Yamaha YZF-R7

Yamaha YZF-R7  Hadiir dengan Mesin dua silinder

Motor sport Yamaha YZF-R7 bukan tanpa alasan menggunakan mesin dua silinder. Salah satunya agar harganya lebih terjangkau. Setidaknya itulah yang dibocorkan oleh media Jepang.

Mengenai keberadaan Yamaha R7, laman bestcarweb.jp menjelaskan: “Dibandingkan dengan memiliki performa mesin terbaik, ini adalah era di mana lebih mudah menjual produk ke publik dengan harga murah dan memberikan dukungan dengan tampilan yang keren.

Tidak ada kesalahpahaman tentang apa yang dikatakan media Jepang, dan sepeda motor yang dijual murah dengan silinder yang lebih sedikit terbukti luar biasa. Contohnya di Indonesia sendiri, Kawasaki Ninja 250 yang dibekali mesin dua silinder hanya seharga 60 juta rupiah.

Sedangkan Kawasaki Ninja ZX-25R bermesin empat silinder memiliki transmisi ringan Rp 100 juta. Padahal semuanya berkubikasi 250 cc.

Namun meski lebih murah, performa mesin dua silinder ini tidak selebar mesin empat silinder, apalagi pada putaran mesin tertinggi. Lihat saja mesin Yamaha MT-07, mesin tersebut hanya mampu menghasilkan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal hanya 73 PS pada 9.000 rpm.

Torsinya memang besar, dibandingkan dengan Honda CBR600RR 121 PS dan Kawasaki Ninja ZX-6R 136 PS, tenaganya jauh. Harapannya, Yamaha akan merevisi mesin R7, selama bukan milik MT-07 yang kotor.

Harga Yamaha YZF-R7

Seberapa murah Yamaha R7 yang hanya bermesin dua silinder? Saat disebutkan Yamaha MT-07 di Indonesia, banderolnya dibanderol Rp 243 juta (Jakarta). Kemudian, R7 bisa mencapai 250 juta rupiah.

Ramalan harga resmi Yamaha R7 ini memang jauh lebih murah dibandingkan Kawasaki Ninja ZX-6R. Kawasaki Ninja ZX-6R dibanderol Rp 317 jutaan (OTR Jakarta) dan Honda CBR600RR dibanderol Rp 550 jutaan (OTR Jakarta) .

Meski begitu, siapa yang tahu kapan motor sport Yamaha R7 akan dijual di Tanah Air. Diluncurkan pada 18 Mei 2021, di Eropa. Kalau masuk Indonesia biasanya tahun depan baru dapat satu unit. sabar!

Bagikan: