Langkah Mudah Mengecek Kondisi shock Motor

Langkah Mudah Mengecek Kondisi shock Motor, Otoriders.com Hallo Sobat Otomotif, Shockbreaker atau suspensi pada sebuah motor adalah salah satu bagian utama yang bisa memengaruhi kenyamanan seorang pengendara. Komponen ini bekerja dengan menahan tiap kejutan atau hentakan di saat kendaraan melalui jalanan berlubang, bergelombang atau yang tidak rata.

Sama seperti seperti komponen motor lainnya, suspensi ini mempunyai umur memakainya tertentu. Akan tetapi, dapat disebut umur pakai suspensi sebuah motor terhitung lumayan panjang.

Tentu saja hal ini dapat dipengaruhi oleh rutinitas Anda sepanjang berkendara di jalan raya. Jika Anda mengemudi dengan ugal-ugalan dan menggunakan kecepatan tinggi saat melalui polisi tidur atau jalanan berlubang, pastinya umur pakai komponen suspensi itu akan menyusut. Disamping itu, bawa beban bawaan yang begitu berat dapat menghancurkan keadaan suspensi motor jika dilakukan secara terus menerus.

Sayangnya, untuk mengenali bagaimana keadaan suspensi motor Anda memerlukan upaya yang cukup susah. Anda juga biasanya dianjurkan untuk ke bengkel dan menanyakannya langsung pada mekanik ahlinya.

Nah, pada artikel di bawah ini, Kami  akan memberikan Anda panduan langkah gampang untuk memeriksa keadaan komponen suspensi motor tanpa harus membuat Anda repot ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Yuk simak  tips tips-nya di bawah ini,.

Langkah Mudah Mengecek Kondisi shock Motor

Langkah Mudah Mengecek Kondisi

1. Tekan suspensi untuk melihat kondisinya

Keadaan suspensi dalam sebuah motor yang telah hancur umumnya tidak memantul secara maksimal. Anda dapat menekan ke bawah komponen itu dan lihat seperti apakah reaksi yang ditimbulkan. Apa dia cepat merenggang kembali lagi seperti sebelumnya atau perlahan-lahan tetapi pasti?

Shockbreaker yang cepat memantul kembali pada posisi semula berarti ada kerusakan lain pada komponen itu. Ini karena dia tidak mampu kembali menahan hentakan secara optimal. Akhirnya, jika Anda pakai untuk berkendara di jalanan yang berlubang, berbatu atau saat melalui polisi tidur sekali juga, Anda akan merasakan hentakan yang lumayan keras dan sudah pasti membuat pengalaman berkendara jadi tidak nyaman.

Jika sudah seperti itu, Anda harus segera mengganti komponen suspensi motor itu dengan yang baru. Tetapi jika ternyata persoalan kerusakan yang diakibatkan sebab suspensi motor kering, maka Anda dapat memolesinya dengan oli atau cairan pelumas untuk membantu performa dari alat peredam kejut motor itu.

2. Lepas shockbreaker terlebih dahulu

Langkah melihat ulang keadaan suspensi motor selanjutnya dengan melepasnya dari kendaraan. Anda dapat memulainya dengan melepasi per selanjutnya pencet click kompresi di tiap perputaran. Jika waktu ditekan makin keras, berarti komponen itu telah dalam kondisi yang tidak sempurna.

3. Lihat kondisi shockbreaker apakah terdapat kebocoran oli?

Keadaan suspensi motor yang telah tidak bagus umumnya diikuti dengan merembes atau bocornya oli yang berlebihan. Jika telah ada pertanda semacam ini, Anda harus segera menggantinya dengan komponen suspensi yang baru. Sebab bila didiamkan saja secara terus-terusan, tidak cuman berpengaruh pada kenyamanan Anda sepanjang berkendara tetapi akan memengaruhi komponen motor lainya.

Misalkan saja, oli yang bocor itu akan menetes sampai mengenai komponen kampas rem. Akhirnya, rem kendaraan Anda dapat ngeblong atau mungkin tidak berfungsi secara tiba-tiba. Jika Anda tengah mengemudi di jalan raya, pasti ini akan sangat beresiko,  ingat rem jadi salah satunya bagian yang selalu harus pada keadaan sempurna saat berkendara.

4. Coba Guakan Berkendara Melewati Polisi Tidur Atau jalanan yang bergelombang

Tpis Selanjutnya Anda langsung bisa menguji keadaan suspensi motor itu di jalanan. Ajak seorang rekan untuk dibonceng dibagian belakang dan coba melalui polisi tidur atau jalanan yang bergelombang. Keadaan suspensi yang telah rusak umumnya akan berasa tidak nyaman dan kedengar suara hentakan kasar saat melalui polisi tidur atau jalan yang bergelombang.

Nah, itu tadi tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa keadaan suspensi pada kendaraan. Walau umur pakai satu suspensi motor termasuk cukuplah lama, tetapi Anda harus tetap memberi perhatian secara teratur supaya terhindar dari resiko yang sudah disebut sebelumnya. Mudah-mudahan tips ini dapat bermanfaat bagi masbro sekalian,  selamat berkendara masbro selalu utamakan keaman dan kenyamanan!