Ciri Karet Pintu Mobil Mulai Lemah

Ciri Karet Pintu Mobil Mulai Lemah

Otoriders.com, Setiap Komponen yang ada dalam mobil memiliki jangka waktu tertentu, komponen yang sudah lama dipakai akan sedikit demi sedikit mengalami penurunan termasuk pada karet pintu mobil.

Sama seperti komponen lainnya, karet pintu mobil juga tak boleh luput dari perhatian. Jika memang sudah mulai kendur alangkah baiknya harus segera diganti.

Ciri Karet Pintu Mobil

Ketika dimintai pendapatnya Rafi’i Sinurat selaku Kepala Bengkel Astra Peugeot Cilandak menuturkan bahwa ciri utama karet pintu mobil sudah perlu diganti adalah dilihat dari tingkat elastisitasnya. Semakin keras teksturnya, berarti sudah dalam keadaan lama dan perlu diganti.

Berbeda dengan Karet pintu mobil baru yang memiliki tingkat kelenturan lebih tinggi.

Untuk Detailnya, Karet pintu mobil yang sudah mulai kendor akan mengalami perubahan bentuk menjadi lebih gepeng, hal ini mengakibatkan suara kurang nyaman seperti suara besi bergesekan saat pintu mobil coba ditutup. Kondisinya akan semakin buruk jika komponen ini mengalami sobek atau hancur parah.

Jangan menyepelekan hal ini, karena karet pintu mobil memiliki fungsi untuk memblok aliran air agar tidak masuk kedalam kabin. Fungsinya akan terasa saat mengendarai dalam keadaan hujan. Jika sudah menemukan tanda seperti diatas , itu tandanya karet pintu mobil harus segera diganti.

Tips Agar Karet Pintu Mobil Tahan Lama

Agar komponen ini tidak gampang rusak, harus diperhatikan dimana posisi mobil sering diparkirkan. Usahakan untuk mencari yang teduh, cari tempat yang dapat menutupi sinar matahari langsung. Karena salah faktor Karet pintu mobil rusak adalah suhu panas matahari yang dapat mempercepat penguapan sehingga sebabkan kekeringan.

Tips kedua adalah meminimalisir kontak langsung dengan karet pintu mobil seperti saat keluar-masuk mobil dan memasukkan barang. Seringkali kerusakannya terjadi karena gesekan yang membuat komponen ini jadi sobek.

Yang ketiga adalah rajin melakukan perawatan. Untuk mencegah karet pintu mobil kering bisa disemprot dengan air atau bisa memakai cairan silikon yang berperan baik dalam memberi kelembaban pada karet pintu mobil.

Cairan ini juga memiliki fungsi untuk melindungi karet dari ancaman sinar matahari. Karena sifatnya yang tidak gampang menguap.

Bagikan: