Cara Pasang GPS Motor Hanya 3 Menit

GPS motor merupakan perangkat penting yang dibutuhkan oleh pengendara. Maraknya kasus pencurian di wilayah perkotaan menjadikan GPS ini perlu untuk dipasang agar dapat melacak keberadaan kendaraan tersebut. Pemasangan GPS ini memerlukan sedikit keahlian dan setiap orang pun dapat memasangnya sendiri. Berikut cara pasang GPS Motor paling singkat:

1. Membeli Perangkat GPS

Perangkat GPS yang akan dibeli harus diseleksi terlebih dahulu, jangan sampai salah memilih perangkatnya karena akan berakibat ketidakpuasan bagi pengguna. Lihatlah terlebih dahulu fitur yang ada pada perangkat tersebut sebelum mulai untuk membelinya. Fiturnya yang lengkap akan lebih memudahkan pengguna untuk melacak ataupun mencari lokasi tertentu.

Pengguna juga harus memilih perangkat yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah agar suatu saat tidak ditarik dari peredaran. Pertimbangan lain yang tidak kalah pentingnya adalah masalah harga. Sesuaikan dengan budget yang dimiliki ketika akan membeli perangkat GPS ini.

2. Membeli Kartu SIM

Kartu SIM yang akan dipasang pada GPS harus memiliki sinyal yang kuat agar dimana saja dapat digunakan. Salah satu operator yang paling bersahabat adalah Telkomsel sehingga cocok sekali untuk dipakai. Kekuatan sinyal Telkomsel memang stabil meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi.

Segera aktifkan kartu yang telah dibeli kemudian isi dengan kuota internet. Pilihlah kuota yang bisa bertahan hingga satu bulan lamanya agar tidak sering membeli kuota tersebut. Apabila pengguna sering menggunakan GPS ini, maka belilah kuota internet yang banyak agar tidak kehabisan di tengah jalan.

3. Memasang Kartu SIM

Pemasangan kartu SIM ini sangat mudah sekali dan pengguna pun bisa melakukannya sendiri. Matikan terlebih dahulu alat GPSnya, kemudian masukkan kartu SIM ke dalam perangkat GPS. Hidupkan perangkat GPS dan periksalah kekuatan sinyalnya. Pastikan sinyal tersebut sudah dalam keadaan yang stabil dan kuat.

Catatan penting yang harus diketahui oleh pengguna adalah jangan lupa untuk menghadapkan stiker hologram ke arah bumi untuk memperkuat sinyalnya. Tips cara pasang GPS motor jarang diketahui oleh pengguna sehingga ketika sinyalnya sedikit, maka akan merasa kebingungan. Penting sekali untuk mencari tips agar sinyal dapat stabil dan kuat.

4. Memasang GPS

Umumnya cara memasang GPS ini sudah tersedia secara rinci di dalam buku panduan, namun apabila pengguna malas untuk mempelajarinya maka terdapat cara praktis. Cara yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah dengan memasang sendiri kabel yang ada di dalam GPS dengan baik dan benar sesuai aturan.

Terdapat 2 kabel yang ada di dalam GPS yaitu kabel plus dan kabel minus. Sambungkanlah kabel plus GPS ke kabel plus yang ada di aki motor, begitu pula sebaliknya. Pasanglah alat GPS ini jauh dari aki motor agar tidak banyak orang yang mengetahuinya. Bagasi motor merupakan tempat yang paling recommended karena tidak akan diketahui oleh pencuri motor.

5. Lakukan Percobaan

Perangkat GPS yang sudah terpasang dapat dilakukan uji coba apakah bisa berjalan atau tidak. Cobalah untuk melacak lokasi dari keberadaan motor tersebut. Apabila GPS dapat berjalan berarti pemasangan sudah berhasil dan pengguna bisa menggunakan alat tersebut sewaktu-waktu. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahwa acara tersebut sangat mudah sekali untuk dicoba di rumah sehingga siapapun dapat melakukannya.

Beberapa cara pasang GPS motor yang telah dipaparkan di atas mampu untuk memberikan edukasi bagi siapa saja yang membutuhkannya. Poin yang harus diperhatikan adalah lakukan cara tersebut secara urut dan pahamilah dengan baik. Segera sediakan uang yang cukup untuk membeli GPS dan pasanglah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bagikan: