5 Langkah Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor Matic

Jika pembaca mengerem sepeda motor menggunakan rem belakang, akan ada lampu di belakang motor yang menyala. Ini berguna agar pengendara lain di belakang pembaca mengetahui bahwa pembaca sedang mengerem. Jika lampu rem belakang motor ini rusak bisa membuat keamanan berkendara terganggu. Ketahui cara memperbaiki switch rem belakang motor berikut:

1. Siapkan Peralatan

Sebelum melakukan langkah-langkah lain cara memperbaiki switch rem belakang motor matic, pertama-tama pembaca harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Siapkan obeng, obeng plus, dan kunci ring dengan ukuran 8 mm. Selain itu, siapkan juga switch baru yang akan menggantikan switch lama yang sudah rusak.

Pembaca juga bisa menyiapkan beberapa wadah yang akan digunakan untuk menyimpan baut. Ini berguna agar pembaca bisa memasang lagi rangkaian sepeda motor tanpa harus kesulitan karena kehilangan baut motor. Untuk lebih tepatnya lagi, hitung baut setiap bagian yang dilepas.

2. Lepaskan Cover Kepala Motor

Sepeda motor memiliki beberapa bagian. Bagian di mana terdapat speedometer, spion, dan lampu depan disebut juga sebagai bagian kepala motor. Switch baru menyala ketika tuas rem belakang ditarik. Ini berarti kabel switch terhubung dari tuas rem yang terletak di bagian kepala sepeda motor.

Untuk melepaskan switch lama, pembaca perlu melepaskannya dari kabel yang menghubungkannya dengan rem belakang terlebih dahulu. Buka cap atau cover kepala motor. Di bagian bawah speedometer terdapat baut penguncinya. Lepaskan baut tersebut dengan obeng. Pastikan untuk menyimpan kembali baut dan mengingat bagiannya.

3. Lepaskan Baut di Bawah Spion

Selanjutnya, cover kepala motor baru bisa terlepas keseluruhan apabila pembaca juga melepaskan baut yang terdapat di bagian bawah spion. Untuk melepaskan bagian ini terbilang cukup sulit. Ini dikarenakan posisinya yang terhimpit spion dan lekukan sepeda motor.

Karena posisinya yang susah untuk dilepas, pembaca bisa melepas baut yang menghubungkan dudukan handle rem dengan klem dudukan stang terlebih dahulu. Sama seperti sebelumnya, simpan baut yang sudah lepas. Setelah berhasil melepasnya, pembaca bisa lebih mudah melepas baut di bagian bawah dalam spion. Gunakan obeng plus untuk melepasnya.

4. Temukan Switch Rem Belakang

Jika sebelumnya pembaca sudah melepaskan dudukan handle rem yang terhubung dengan klem dudukan stang, pembaca bisa lebih mudah menemukan lokasi rem belakang.  Namun jika pembaca masih bingung dan tidak tahu mana rem belakang yang terhubung dengan switch coba ingat kebiasaan rem sepeda motor.

Biasanya, tuas kanan rem sepeda motor matic adalah rem depan. Sementara tuas kiri rem sepeda motor matic adalah rem belakang. Selain itu, pembaca juga bisa mengurut kabel dari rem. Perhatikan kabelnya dan lihat kemana kabel tersebut terhubung. Jika kabel tersebut mengarah ke soket yang terhubung ke switch, itulah rem belakang.

5. Pasang Switch Baru

Setelah berhasil menemukan soket switch rem belakang. Lepaskan soket tersebut. Meskipun bentuknya terlihat seperti soket listrik, untuk melepasnya pembaca tidak boleh menariknya. Justru pembaca perlu mendorong soket switch hingga terlepas.

Dorong kabel dari soket switch terlebih dahulu. Pastikan untuk mendorongnya hingga kabel condong keluar seperti akan terlepas. Sebelum kabel switch terlepas secara keseluruhan, dorong switch hingga terlepas dari kabelnya. Setelah itu, pembaca bisa mengambil switch baru dan memasangkannya. Pasang secara perlahan dan pastikan untuk tidak meninggalkan celah di soketnya.

Cara memperbaiki switch rem belakang motor matic dengan memasang switch baru ini perlu dilakukan dengan cermat. Pasang kembali baut-baut dan cover kepala motor. Namun, sebelumnya, pastikan untuk mencoba menyalakan motor terlebih dahulu. Coba tarik tuas rem hingga switch menyala. Jika berhasil maka pembaca bisa memasang semua baut kembali seperti semula.

Bagikan: