Cara Membuat Lampu Motor Lebih Terang Dengan Dioda, Dijamin Anti Menyesal

Memiliki lampu yang kurang terang akan mengganggu pengendara ketika sedang melakukan perjalanan malam. Jarak pandang pun menjadi terganggu karena lampunya tidak mendukung. Hal tersebut tentu berbahaya karena dapat membahayakan keselamatan pengendara. Berikut adalah cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda paling recommended:

1. Beli Bahannya Terlebih Dahulu

Cara yang sebaiknya dilakukan oleh pengendara untuk pertama kali adalah membeli bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan tersebut bisa didapatkan melalui penjual onderdil motor terdekat. Pastikan telah survey harga terlebih dahulu agar dapat memilih toko yang termurah dan terpercaya. Pengguna pun tak perlu khawatir karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

Sediakanlah 2 jenis dioda yaitu tipe 6 ampere sebanyak 3 buah, kemudian dioda tipe 1 ampere cukup 1 buah saja. Bahan yang paling penting dan tidak boleh ditinggalkan begitu saja adalah fitting lampu dan juga kabel. Ukuran kabel yang dibutuhkan disini adalah secukupnya saja yang penting bisa digunakan untuk menghubungkan lampunya.

2. Buatlah Rangkaian Paralel

Bahan yang telah dikumpulkan harus diproses terlebih dahulu agar dapat digunakan secara maksimal. Dioda yang jenisnya 6 ampere dan jumlahnya 3 buah harus dijadikan paralel terlebih dahulu. Cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda yang sebaiknya dilakukan yaitu mengambil dioda yang memiliki kode lingkaran berwarna putih dan sambungkan ke kutub positif kutub positifnya.

Perlu diingat bahwa kode lingkaran berwarna putih tersebut menandakan bahwa diodanya menunjukkan kutub yang positif sehingga jangan sampai tertukar. Dioda yang berkutub negatif dapat disambungkan pada kabel minus fitting. Cara ini harus dipahami betul oleh para pengendara agar tidak terjadi kesalahan ketika memasang lampunya.

3. Potong Kabel Minusnya

Carilah kabel minus yang ada di bagian fitting. Potong bagian tersebut menggunakan gunting yang tajam kemudian sambungkanlah pada bagian yang negatif. Bagian tersebut berada pada rangkaian dioda yang telah dibuat paralel. Berhati-hatilah dalam memotong kabel tersebut jangan sampai melukai tangan atau merusak bagian yang lainnya.

4. Sambungkan Dioda Pada Fiting Lampu Jauh

Dioda 1 ampere jangan sampai luput dari pandangan. Sekarang saatnya menyambungkan dioda 1 ampere tersebut pada fiting lampu jauh. Perlu diketahui bahwa dioda 1 ampere ini terletak pada bagian kutub positif sehingga tidak boleh disambungkan dengan bagian yang negatif karena tidak akan cocok. Hal tersebut harus selalu diperhatikan oleh pengendara sepeda motor.

Perlu diketahui bahwasanya fungsi dari dioda 1 ampere ini adalah supaya sensor lampu jauh motor menjadi mati. Hal tersebut bertujuan agar pengendara dapat mengubah sendiri apakah ingin menggunakan lampu yang jarak dekat atau yang jarak jauha sekalian. Tentu saja pemakaian lampu tersebut disesuaikan dengan keadaan yang ada di jalanan.

5. Sambungkan Dengan Saklar External

Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh pengendara adalah menggabungkan kutub lain yang tersisa menggunakan bantuan saklar eksternal. Tujuan dari pemasangan ini adalah agar pengendara mampu mengatur dengan mudah kapan booster akan digunakan. Apabila cara ini sudah dilakukan, maka bukan hal yang tidak mungkin jika lampu akan menyala lebih terang dari biasanya.

Cara membuat lampu motor lebih terang dengan dioda tersebut bisa langsung dipraktekan sendiri di rumah. Penggunaan dioda ini dipilih karena dianggap lebih terang dibandingkan dengan perangkat yang lainnya. Jadi, pengendara tidak akan salah pilih jika menggunakan perangkat yang satu ini. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan cara di atas dengan hati-hati dan jeli.

Bagikan: