5 Alternatif Cara Membuat Shock Depan Motor Empuk yang Super Nyaman

Bagian depan shockbreaker merupakan salah satu bagian motor yang berfungsi sebagai penahan benturan. Semisal pengguna terbentur polisi tidur, maka shockbreaker akan membantu untuk meredamnya sehingga dampak bagi tubuh tidak terlalu terlihat buruk. Oleh karena fungsinya tersebut, cara membuat shock depan motor empuk menjadi perlu ketika shockbreaker sudah mulai tua atau menjadi keras.

Fungsinya yang sangat berguna untuk pengendaranya memberikan rasa aman serta nyaman menjadi lebih perlu diperhatikan jika rusak. Ketika shockbreaker sudah tidak berfungsi, dapat menyebabkan bagian motor lainnya juga rusak atau bahkan sinyal tanda ada bagian yang rusak. Nah kali ini akan disampaikan cara membuat shock depan motor empuk yang membuat lebih nyaman sebagai berikut:

1. Memastikan Banyaknya Oli Shockbreaker yang Ada Di Dalam Motor

Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu bersangkutan dengan pemeriksaan kadar oli, sebab shockbreaker sangat bergantung pada aliran dan kapasitas oli yang ada. Oleh karena itu, ketika oli tidak mencukupi atau bahkan kurang maka fungsi shockbreaker akan berpengaruh menjadi kurang baik. Biasanya kapasitas standar jumlah oli dikurangi 5 ml dari tabung kosong.

Nah langkah yang paling tepat sebagai cara membuat shock depan motor empuk adalah dengan memastikan oli sudah terisi cukup. Akan tetapi, apabila oli kurang dari standar umumnya maka dapat dilakukan penambahan oli. Kemudian pastikan kembali apakah shockbreaker hal tersebut adalah penyebabnya dan telah dapat berfungsi dengan baik.

2. Menyesuaikan Besarnya Lubang Suling yang Mengatur Aliran Oli

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, oli dapat menjadi penyebab shockbreaker menjadi kurang berfungsi dengan baik. Hal ini juga dipengaruhi juga dengan lubang suling yang berfungsi untuk mengalirkan oli ke shockbreaker agar dapat bekerja.

Pengaturan lubang suling menjadi lebih besar akan menjadikan oli lebih banyak mengalir dan menjadikan shockbreaker lebih empuk. Akan tetapi, hati-hati karena aliran oli yang terlalu banyak akan menyebabkan shockbreaker terlalu empuk dan body motor terlalu ke bawah.

3. Mengganti Oli Shockbreaker Menjadi Oli Hidrolik

Kemudian ada cara lainnya yang dapat dilakukan yaitu mengganti penggunaan oli shockbreaker menjadi oli hidrolik agar lebih pekerjaannya lebih ringan. Hal ini merupakan alternatif cara yang dilakukan jika sudah menambahkan oli, namun shockbreaker tetap sama saja dan tidak lebih empuk. Diyakini beberapa ahli bahwa oli hidrolik lebih kental dibanding oli shockbreaker sehingga akan meningkatkan performanya.

4. Memberikan Ring Washer atau Ganjalan Tambahan

Cara selanjutnya adalah dengan memberikan bantalan ganjalan atau disebut juga dengan ring washer yang dapat membuat shockbreaker lebih empuk. Teknik ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan jika menggunakan ring washer yang tidak original sebab dapat tergerus dan mudah rusak. Akan lebih baik, jika penanganan dilakukan oleh ahli yang mampu dan memahami cara pemasangan ring tersebut.

5. Memperbarui dan Mengganti Per Shockbreaker

Alternatif terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memperbarui per yang sudah tidak memiliki daya renggang. Pemasangan dan pemilihan per juga harus disesuaikan dengan panjang atau desain motor. Misalnya motor seperti Vario atau Supra X lebih cocok dengan desain berlagak di depan dengan bahan lebih keras.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika ingin membuat shockbreaker lebih empuk dan berfungsi dengan semestinya. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan yang direkomendasikan untuk memastikan penyebab dari shockbreaker menjadi rusak atau keras. Sekian penjelasan yang disampaikan mengenai cara membuat shock depan motor empuk semoga dapat bermanfaat dan digunakan dengan baik.

Bagikan: