7 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

7 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

7 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, Otoriders.com Hallo Masbro pecinta otomotif kususnya dalam roda empat Hal yang bisa menyebabkan mobil cepat panas biasanya dikarenakan sistem mesin pada mobil Anda tidak bagus. Namun sebelum mengambil langkah untuk mencari solusinya agar mobil Anda tidak makin mengalami kerusakan yang parah, Anda perlu memgetahui seluk beluk mengenai mesin.

Mesin Mobil Cepat Panas

Hal ini pastinya tidak akan terjadi jika mesin mobil Anda memiliki sistem yang bagus. Penyebab mesin mobil cepat panas itu bisa disebabkan banyak hal, untuk lebih memahami penyebabnya, berikut penyebab mesin mobil cepat panas:.

Radiator dan Selang Radiator

Radiator dan selang radiator yang mengalami kebocoran dapat menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Anda harus pastikan selang selalu dalam kondisi baik serta tidak mengalami penyumbatan dan perhatikan juga kondisi radiator. Lakukan penggantian pada radiator jika terjadi kerusakan yang cukup parah.

Penggunaan Cairan Radiator Yang Tidak Tepat

Penggunaan cairan di dalam radiator tidak tepat juga menjadi penyebab kondisi mesin mobil cepat panas. Kondisi di dalam radiator menjadi cepat kotor jika Anda memakai air biasa sebagai cairan pengisi radiator.

Hal ini dapat menyebabkan kerak di dalam elemen radiator yang yang ada di dalam air karena disebabkan kandungannya banyak logam, mineral ataupun unsur lainnya. Gunakan cairan khusus untuk mengisi radiator atau coolant, namun jika Anda memilih air biasa sebagai pengisi radiator maka Anda harus menggantinya 5 minggu sekali.

Sirkulasi Radiator Yang Tidak Lancar

Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya dikarenakan sirkulasi air yang ada di dalam radiator kurang lancar karena penggunaan cairan radiator yang kurang tepat. Lakukan perawatan radiator dengan rutin untuk melakukan penggantian cairan radiator ketika telah menempuh 20.000 km, atau mengganti kisi-kisi pada radiator jika kondisi radiator terlalu parah.

Kualitas Oli Mobil

Mesin akan mengalami overheating jika memakai oli dengan kualitas yang rendah. Tidak hanya itu, saat sedang dikendarai bisa membuat mesin mobil mati mendadak. Hal ini disebabkan karena oli berkualitas rendah biasanya tidak memiliki kemampuan yang tinggi untuk bisa menahan panas berlebih.

Sebaiknya gunakan oli yang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi mobil dan melakukan pengecekan rutin terkait kondisi mesin.

Kipas Pendingin Mengalami Kerusakan

Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya adalah kondisi kipas radiator yang mengalami masalah atau tidak bekerja pada umumnya sehingga membuat sensor switching tidak dapat membaca tindakan yang ada.

Thermostat yang Rusak

Untuk mengukur suhu pada mesin kendaraan dilakukan oleh thermostat yang pada sistem engine cooling cukup penting keberadaannya. Kerja thermostat sebagai pengukur temperatur menjadi tidak tepat jika kondisi thermostat mengalami kerusakan.

Penggunaan BBM Yang Tidak Tepat

Penggunaan BBM yang tidak sesuai juga akan menyebabkan mesin mobil cepat panas. Hal ini terjadi karena kadar oktan dari bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mobil yang membuat mobil knocking.

Itu dia beberapa hal penyebab mesin mobil cepat panas, semoga bisa membantu.

Bagikan: