5 Rekomendasi Ban Motor yang Tidak Licin Saat Hujan

Memasuki penghujung tahun artinya musim hujan telah tiba. Bagi yang beraktivitas di luar rumah, membawa payung atau jas hujan menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Begitu pula bagi pengendara motor, haruslah mengetahui jenis ban yang cocok untuk musim hujan. Kini banyak produsen yang menawarkan ban motor yang tidak licin saat hujan dengan kualitas bagus.

Tidak semua jenis ban cocok untuk segala musim. Tipe ban juga beragam yang disesuaikan dengan kegunaannya misalnya ban untuk area basah, kering dan keduanya. Sebagai bekal untuk mencari ban yang cocok untuk musim hujan, pengendara dapat memilih ban yang dilengkapi alur pembuangan air. Agar tidak salah pilih, berikut merk ban motor yang anti licin:

1. Ban Dunlop

Negara Inggris memiliki perusahaan produksi ban yang telah ada sejak 1889 dan menjadi yang terbesar di sana. Tepatnya di daerah Birmingham, perusahaan ban Dunlop berdiri dan menjadi produk ban yang terkenal di Indonesia. Selain karena kualitasnya, harga yang ditawarkan pun tidak menguras kantong yakni 100 ribu sampai 1,5 juta rupiah.

Sebab ban Dunlop menjadi primadona di Tanah Air adalah kemampuan perusahaan yang dapat menyesuaikan ban untuk berbagai medan. Ban motor yang tidak licin saat hujan ini diberi nama hydro paddle dimana air dapat dialihkan melalui sebuah alur pada ban. Tidak heran jika ban Dunlop dipilih menjadi yang terbaik pada F1 tahun 1950 hingga 1970.

2. Ban Pirelli

Sebuah ungkapan menyebutkan ada harga ada kualitas. Mungkin itulah yang ingin disampaikan produk Pirelli ini. Tergolong sebagai salah satu produk ban premium yang seringkali memasok kendaraan mewah, ban Pirelli sering dipakai pada kompetensi balap motor bergengsi dunia. Di Indonesia sendiri, ban buatan produsen Italia tersebut kerap dipilih untuk melengkapi motor skuter matik.

Dengan harga yang terbilang cukup mahal yakni 300 ribu hingga 3 jutaan, produsen Pirelli menjanjikan produk ban dengan kemampuan yang tak usah diragukan lagi. Mulai dari kenyamanan, ketahanan hingga kestabilan berkendara bisa didapatkan. Begitu pula pada kondisi jalan yang licin, ban Pirelli mampu menahan air agar tidak mudah tergelincir.

3. Ban FDR

Perusahaan produksi ban dalam negeri juga tidak kalah menghadirkan produk berkualitas untuk masyarakat. Ban FDR sendiri menggunakan fitur compound technology yang dapat menjaga kestabilan kendaraan dengan cengkraman yang super kuat. Untuk membelah genangan air agar tidak mudah slip, ban yang dibanderol dengan harga 100 hingga 500 ribuan ini menggunakan teknologi aquo driven.

4. Ban Aspira

Konsep desain yang diusung oleh produsen ban Aspira adalah ketahanan dan keamanan saat berkendara baik itu di jalan yang mulus maupun medan berbatu. Oleh karena itu, ban ini tidak mudah tergelincir ketika melewati genangan atau air hujan. Memiliki kisaran harga 100 hingga 500 ribu per unitnya, ban Aspira telah diproduksi sejak tahun 1973 hingga kini.

5. Ban Michelin

Berdiri sejak 1907, Michelin merupakan produk ban legendaris yang masih aktif berproduksi. Banyak varian ban yang disediakan mulai dari kebutuhan untuk motor sport, matic, cross hingga motor moge. Harganya cukup tinggi yakni 300 hingga 2 juta rupiah per ban namun kualitas yang dimiliki sebanding. Michelin memiliki power yang kuat dan anti slip.

Itu tadi 5 produk ban motor yang tidak licin saat hujan dengan perkiraan harga pasarannya. Memilih spare part yang berkualitas sangat penting mengingat kondisi jalanan dan alam tidak bisa diprediksi. Dengan menggunakan rekomendasi ban di atas, berkendara tidak lagi khawatir jika memasuki musim hujan.

 

Bagikan: