5 Peralatan ini Wajib Ada di Dalam Mobil Anda

5 Peralatan ini Wajib Ada di Dalam Mobil Anda

5 Peralatan ini Wajib Ada di Dalam Mobil AndaOtoriders.com – mTidak pernah ada yang tahu apa yang akan dihadapi ketika Anda sedang mengemudi di jalanan. Meskipun Anda memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengendalikan kendaraan, namun sebaiknya Anda tetap menyiapkan peralatan yang sekiranya akan diperlukan dalam keadaan darurat.

5 Peralatan ini Wajib

Dan berikut ini adalah beberapa peralatan yang sebaiknya Anda siapkan dan terus berada di dalam mobil.

Toolkit Roda

Pastikan toolkit untuk penggantian roda harus selalu ada, minimal Anda memiliki kunci roda, kunci pas, dongkrak, juga beberapa peralatan teknis, seperti obeng plus minus, tang, kabel jumper, juga towing hook.

Masukkan peralatan ini dalam satu kotak yang bisa diletakkan di bagasi mobil. Sementara untuk towing hook bisa disiapkan terpisah dan bisa dilepas pasang, yang akan sangat dibutuhkan terutama ketika mobil harus diderek.

Roda Cadangan

Jangan pernah meninggalkan rumah dengan kendaraan yang tidak membawa roda cadangan. Anda bisa terkena sanksi denda bahkan penjara jika melupakannya dan ini sudah tertera pada Undang-Undang Lalu Lintas.

Pastikan Anda membawa dua roda cadangan karena bisa saja Anda mengalami sesuatu dengan roda-roda kendaraan Anda. Dan sebaiknya Anda pun sudah memastikan kedua roda cadangan tadi dalam keadaan prima.

Kotak P3K

Peralatan yang wajib ada di dalam mobil yang ketiga adalah kotak P3K, yang idealnya berisikan plester, antiseptik, kasa steril, gunting, serta obat-obatan pribadi.

Anda juga menyiapkan sarung tangan plastik, yang bisa digunakan jika akan melakukan pengobatan darurat. Ini juga sebaiknya dipastikan tetap lengkap dan bisa Anda cek terlebih dahulu, terutama bila akan melakukan perjalanan jauh.

Alat pemadam Api Ringan

Peralatan yang keempat adalah pemadam api ringan dan alat ini akan sangat dibutuhkan mengingat banyaknya kecelakaan yang diakhiri dengan kebakaran. Selain itu korslet pada sistem kelistrikan juga bisa saja terjadi.

APAR singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan ini juga beragam jenisnya dan untuk mobil sebaiknya dipilih jenis APAR dry powder yang bisa memadamkan kebakaran yang disebabkan kebakaran non logam, cairan, hingga yang diakibatkan karena kelistrikan. Hindari pembelian APAR dari kaleng, sebaiknya gunakan yang telah berlabel SNI atau pun bersertifikat internasional.

Alat Pemecah Kaca

Peralatan yang wajib ada di mobil berikutnya adalah alat untuk memecahkan kaca. Alat ini baiknya diletakkan di dalam mobil dan mudah untuk Anda jangkau.

5 Peralatan ini Wajib

Pastikan alat disimpan dengan benar dan aman hingga tidak melukai penumpang kabin.

Itu dia lima peralatan yang wajib ada di dalam mobil, sementara jika untuk pengendara wanita, sebaiknya menyertakan peralatan lainnya seperti alat kejut listrik atau pepper spray. Alat-alat tersebut akan sangat berguna terutama untuk membela diri. Anda juga memasang kamera di dashboard untuk merekam aktivitas di jalanan.

 

Bagikan: