4 Cara Mengendarai MotorGP dan Fakta Menariknya

Melihat pertandingan balap motor di TV memang seru, apalagi jika berkesempatan menonton langsung. Para pembalap yang terlihat gagah dan lihai saat memacu kendaraannya menjadi daya tarik tersendiri. Penasaran bagaimana teknik dan cara mengendarai MotoGP tersebut? Untuk menjawabnya, berikut ini akan dipaparkan cara maupun fakta menarik MotoGP:

Teknik  Mengendarai MotoGP

Hal yang akan dibahas pertama adalah bagaimana pengguna MotoGP bisa mengendarai motor ini dengan lancar. Hal tersebut tentu karena adanya latihan dan teknik dalam mengendarainya. Berikut ulasan lengkapnya cara mengendarai MotoGP:

1. Memperhatikan Posisi Badan

Seperti yang diketahui bahwa membawa motor balap dengan motor biasa sangat berbeda. Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan motor balap adalah posisi badan. Pasalnya saat sedang membelokkan kendaraan hingga pengereman posisi badan menjadi sangat penting.

Jadi, pembalap harus bisa mengatur dan menyesuaikan sedemikian rupa hingga posisi tumbuh lebih seimbang. Menurut para ahli salah satu yang menjadi tantangan saat orang mengendarai MotoGP adalah ketahanan Aerodinamis. Pasalnya dalam kecepatan tinggi maka angin yang menerpa juga semakin kencang, tentunya hal ini bisa menjadi hambatan dalam melaju.

2. Mengkondisikan Kontrol Traksi 

MotoGP digunakan dalam proses balapan, sehingga pengendara harus lebih mampu melakukan pengaturan terhadap kontrol traksi yang ada di ECU. Adapun kegunaan dari pengontrolan ini akan mampu mencegah roda belakang selip.

Namun sebenarnya, para pembalap memerlukan kondisi selip yang tepat agar berkendara lebih cepat namun tetap aman. Sedangkan untuk orang biasa, sering atau tidaknya motor selip akan diperlukan pada waktu tertentu. Proses mengontrol selip pada motor akan membantu pembalap ketika membelokkan mobil pada area balap.

3. Memperhatikan Kondisi Saat Pengereman

Perlu diketahui bahwa rem yang ada di MotoGP memiliki tenaga yang lebih dari motor pada umumnya. Jadi, bisa dikatakan memiliki daya cengkram yang sangat kuat. Selain itu tuas yang digunakan mengerem juga sangat mudah digerakkan.

Adapun untuk rem yang terdapat di MotoGP ada rem depan dan rem belakang. Kedua kombinasi rem tersebut tentu akan lebih cepat dalam proses mengurangi kecepatan motor. Namun, pengguna harus lebih mampu mengatur kapan waktu yang tepat untuk melakukan rem.

4. Menggantungkan Kaki Saat Mengerem

Hal yang tidak jarang dilakukan para pembalap adalah menggantungkan kaki sebelum pada tikungan sirkuit. Keadaan ini bukan hanya iseng semata, namun ada tujuan agar meningkatkan efek aerodinamis. Selain itu kondisi ini membuat pemindahan massa ke bagian bawah dan membuat pengereman semakin baik.

Fakta Menarik MotoGP

Hal yang menjadi fakta pertama mengenai motor ini adalah terkait dengan kecepatannya, dimana MotoGP memiliki kecepatan setara dengan Mobil F1. Selain itu juga mampu berakselerasi dengan cepat juga. Adapun mesin yang digunakan dalam MotoGP kebanyakan adalah hasil rakitan dari para ahli.

Tidak hanya itu, mesin MotoGP juga telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mempermudah dalam mencapai garis finis. Adapun pabrik motor yang produknya  mendominasi kejuaraan adalah dari Jepang. Tidak heran jika harga motor ini mencapai milyaran rupiah jika dijual. Untuk aksesoris pengendara motor ini menggunakan baju balap dari kulit kangguru. Dan untuk melakukan pergantian gigi tidak sampai 1 menit.

Demikian itu beberapa teknik dan cara mengendarai MotoGP yang bisa lebih membuka wawasan para penggemar motor balap. Selain itu, juga dijelaskan mengenai beberapa fakta yang ada pada motor tersebut. Kemungkinan banyak penggemar MotoGP yang belum tau.

 

Bagikan: