3 Fitur Keselamatan Mobil ini Wajib Anda Perhatikan

3 Fitur Keselamatan Mobil ini Wajib Anda Perhatikan

Fitur Keselamatan Mobil

3 Fitur Keselamatan Mobil ini Wajib Anda PerhatikanOtoriders.com, Hallo Sobat Mengemudikan kendaraan di jalanan pastinya penuh risiko. Meski Anda sudah berhati-hati sekalipun, bila pengemudi lain bertindak sembarangan, bisa saja menyebabkan hal buruk tetap terjadi.

Inilah yang membuat Anda sebaiknya memilih kendaraan yang memiliki berbagai fitur keamanan. Beruntungnya, seiring berkembangnya teknologi, keberadaan fitur-fitur tersebut sudah bisa didapat pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Jadi ketika Anda hendak membeli kendaraan, maka pastikan tidak saja konsentrasi pada desain, merek atau performa mesinnya saja. Namun fitur-fitur yang berikut ini juga wajib Anda perhatikan betul.

Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman adalah fitur keselamatan mobil yang pertama dan wajib ada setiap mobil. Sabuk ini akan membantu menahan tubuh agar tetap berada di kursi sehingga kemungkinan terlempar ketika terjadi benturan saat kecelakaan bisa dihindari.

Hingga saat ini ada beberapa jenis sabuk yang bisa digunakan. Dan Anda bisa memilih sabuk pengaman dengan fitur sistem pretensioner dan force limiter, di mana keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Untuk sabuk pengaman dengan pretensioner akan bekerja berdasarkan sensor yang akan membaca pergerakan kendaraan.

Sistem akan bekerja secara otomatis dengan mengencangkan sabuk dan badan pengemudi ditarik menempel ke sandaran kursi. Sementara sabuk pengaman dengan fitur force limiter akan berfungsi sebaliknya yaitu mengendur secara perlahan hingga membuat dada penggunanya tidak akan merasa terlalu sesak.

Airbag

Airbag atau kantung udara adalah fitur yang kedua yang akan berfungsi sebagai pelindung tubuh manusia agar tidak terbentur. Mobil yang diciptakan saat ini sudah memiliki air bag, minimal untuk dua orang yang berada di kursi depan. Meski tidak jarang masih juga ditemui mobil yang hanya memiliki satu air bag saja.

Namun jika Anda peduli dengan keselamatan seluruh penumpang. Anda bisa memilih mobil yang memiliki airbag di masing-masing tempat duduknya.

Fitur Anti-lock Braking System (ABS)

Tidak kalah pentingnya dengan kedua fitur di atas, ABS juga merupakan fitur keselamatan yang wajib ada di setiap mobil. Fitur ini akan berfungsi ketika Anda melakukan pengereman mendadak. Tujuannya untuk mempertahankan traksi roda dan mencegah terkuncinya ban kendaraan.

Laju kendaraan yang sulit dikontrol saat melakukan pengereman mendadak akan dibantu dengan teknologi ABS ini. Hingga akhirnya fitur ini pun sudah digunakan oleh banyak perusahaan otomotif untuk menunjang kinerja kendaraannya.

Masih banyak sekali fitur keselamatan mobil yang masih harus dibahas. Seperti untuk mengontrol stabilitas dan traksi (ESC, VCS, juga TC), kemudian DRL atau Dyatime Running Light, hingga TMPS atau Tire Pressure Monitoring System, juga kamera sensor parking, dan masih banyak lagi. Setidaknya dari sini Anda memahami apa saja yang sebaiknya diutamakan ketika memiliki kendaraan, dan bisa meminimalisir bila terjadi kecelakaan di jalan.

Bagikan: